PRISKILA, TAVIDA (2022) FAKTOR KEBERHASILAN IMPLEMENTASI PROGRAM LITERASI MEDIA DIGITAL DI KALANGAN MAHASISWA DKI JAKARTA. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.
![]() |
Text
COVER.pdf - Submitted Version Download (562kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf - Submitted Version Download (580kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf - Submitted Version Download (363kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (128kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia meluncurkan Program Literasi Media Digital dalam mempercepat transformasi digital. Salah satu sasaran dalam program ini adalah mahasiswa. Dengan adanya literasi digital bagi mahasiswa, pemerintah berharap mahasiswasebagai agen penerus bangsa mampu untuk menggunakan media digital dengan cerdas sehingga mampu memanfaatkan media digital untuk konten yang positif dan produktif dalam kehidupan ekonomi, sosial, dan politik, serta membantu masyarakat terhindari dari disinformasi dan berita yang mengakibatkan perpecahan. Dalam ketentuan penyelenggaraan Program Literasi Digital, penyelenggara seharusnya melaksanakan pre-test dan post-test dalam tahap pasca-pelaksanaan untuk mengetahui apakah seluruh peserta yang mengikuti pelatihan literasi digital sudah mampu memahami materi yang disampaikan. Dalam realisasi Program Literasi Digital, penyelenggara mengganti tahap pre-test dan post-test dengan quiz yang sistem nya dijawab secara sukarela. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode ekualitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa secara keseluruhan, pelaksanaan Literasi Media Digital sudah berhasil dilaksanakan sesuai dengan petunjuk teknis pelaksanaan dalam Kerangka Acuan Kerja yang diberikan.Faktor pendorong internal dalam pelaksanaan Program Literasi Media Digital terdiri dari kepentingan yang terpengaruh, posisi formulator, implementor program dan dukungan sumber daya. Sementara, faktor pendorong eksternal terletak dalam tahap pelaksanaan, yang terdiri dari ; power,interests, dan strategi aktor; karakteristik lembaga; serta compliance and responsiveness. Faktor penghambat secara internal dalam pelaksanaan Program Literasi Media Digital terletak dalam tahap persiapan, yaitu derajat perubahan yang diinginkan. Sementara, faktor penghambat secara eksternal terletak dalam tahap pasca-pelaksanaan Program Literasi Media Digital, yaitu jenis manfaat yang dihasilkan pasca-pelaksanaan.Dari hasil penelitian, penulis menyimpulkan bahwa implementasi Program Literasi Media Digital di kalangan mahasiswa DKI Jakarta sudah berhasil dilaksanakan, dengan didorong oleh faktor internal maupun eksternal. Saran dalam penelitian ini adalah pihak pelaksana perlu melaksanakan post-test secara serius untuk mengetahui dampak dari pelaksanaan kegiatan.
Kata Kunci : Program Pemerintah, Implementasi, Literasi Media Digital
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration |
Depositing User: | diana nirwani |
Date Deposited: | 15 Jun 2023 02:39 |
Last Modified: | 15 Jun 2023 02:39 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13502 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |