Search for collections on Undip Repository

ANALISIS INOVASI PELAYANAN PUBLIK SISTEM INFORMASI PERIZINAN MASUK KOTA SEPULUH MENIT AJA RAMPUNG (SIP MAS HAR) PADA DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KABUPATEN PATI

WARI, INKA PUTRI NUR INDRAS (2022) ANALISIS INOVASI PELAYANAN PUBLIK SISTEM INFORMASI PERIZINAN MASUK KOTA SEPULUH MENIT AJA RAMPUNG (SIP MAS HAR) PADA DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KABUPATEN PATI. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version

Download (360kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (569kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (640kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (226kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (483kB)

Abstract

Inovasi pelayanan publik sangat penting dilakukan untuk mengatasi permasalahan yang ada guna meningkatkan pelayanan publik yang berkualitas. SIP MAS HAR merupakan salah satu inovasi pada perizinan masuk kota di DPMPTSP Kabupaten Pati untuk memperoleh pelayanan perizinan lebih cepat, mudah, dan transparan. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis inovasi SIP MAS HAR apakah berjalan dengan baik atau belum dengan menggunakan teori atribut inovasi menurut Rogers dan faktor yang menjadi penghambat inovasi. Metode deskriptif kualitatif digunakan dengan mengumpulkan data dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi SIP MAS HAR sudah berjalan dengan baik dilihat dari teori atribut inovasi memiliki keuntungan relatif, kesesuaian, kemungkinan dicoba, dan kemudahan diamati, namun masih mengalami kerumitan. Terdapat faktor penghambat pada inovasi SIP MAS HAR yaitu bergantung lebih pada high performer, tidak ada penghargaan atau insentif, terbatasnya sarana prasarana, anggaran dan kurangnya SDM di bidang perizinan. Rekomendasi dari peneliti adalah melakukan sosialisasi langsung secara meluas kepada masyarakat agar memahami pendaftaran online dan dapat memanfaatkan teknologi, menjalin kerjasama dengan pihak ketiga selain PT Gamatechno, perekrutan pegawai outsourching yang ahli di bidang TI, perlunya pengalokasian anggaran secara khusus untuk perbaikan dan pengembangan inovasi, memberikan penghargaan atau insentif kepada pegawai yang melaksanakan inovasi agar termotivasi dan bersemangat dalam bekerja.
Kata kunci: Inovasi; Pelayanan Publik; SIP MAS HAR

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 08 Jun 2023 03:05
Last Modified: 08 Jun 2023 03:05
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13314

Actions (login required)

View Item View Item