Search for collections on Undip Repository

IMPLEMENTASI PROGRAM DESA DALAM PENGELOLAAN SAMPAH DI DESA BUTUH KECAMATAN MOJOSONGO KABUPATEN BOYOLALI

ZAHRO, FARIDAH AZ (2022) IMPLEMENTASI PROGRAM DESA DALAM PENGELOLAAN SAMPAH DI DESA BUTUH KECAMATAN MOJOSONGO KABUPATEN BOYOLALI. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
Cover.pdf - Submitted Version

Download (779kB)
[img] Text
Bab 1.pdf - Submitted Version

Download (875kB)
[img] Text
Bab 2.pdf - Submitted Version

Download (810kB)
[img] Text
Bab 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Bab 4.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (413kB)
[img] Text
Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pengelolaan sampah merupakan salah satu program desa yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Butuh untuk mengatasi permasalahan sampah di Desa yang volumenya mengalami peningkatan. Program desa dalam pengelolaan sampah menjadi pilihan pemerintah desa mengingat sampah merupakan permasalahan yang krusial dan Desa Butuh telah menjadi kawasan industri. Program desa bertujuan untuk mewujudkan kesehatan dan kebersihan lingkungan.
Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis implementasi program desa dalam pengelolaan sampah di Desa Butuh Kecamatan Mojosongo Kabupaten Boyolali beserta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Peneliti menggunakan model implementasi dengan pendekatan top down berdasarkan teori George C. Edwards III. Faktor-faktor yang digunakan dalam membahas implementasi program yang diteliti yaitu komunikasi; sumberdaya; disposisi; dan struktur birokrasi. Metode yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi dengan informan kepala Desa Butuh, pengelola sampah desa, ketua RT dan masyarakat sebagai pelaksana program.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program desa dalam pengelolaan sampah di Desa Butuh Kecamatan Mojosongo Kabupaten Boyolali sudah berjalan dengan baik namun belum maksimal. Adapun faktor yang mempengaruhi antara lain sumber daya manusia dari sisi partisipasi masyarakat yang kurang, belum adanya fasilitas fisik untuk pewadahan sampah di setiap RT. Kemudian pada disposisi tidak adanya insentif bagi pengelola sampah di Dusun 1 dikarenakan membengkaknya biaya pengangkutan sampah.
Saran yang dapat peneliti berikan yaitu meningkatkan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat Desa Butuh, merealisasikan pemberian wadah sampah sebagai fasilitas fisik pada tiap-tiap RT, mengalokasikan sumber dana dari desa untuk biaya pengangkutan sampah dari TPS Dusun 1 menuju TPA. Selain itu, masyarakat diharapkan untuk menerapkan peraturan desa dan berpartisipasi dalam pelaksanaan program.
Kata Kunci: implementasi, program desa, sampah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 07 Jun 2023 03:48
Last Modified: 07 Jun 2023 06:59
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13297

Actions (login required)

View Item View Item