Search for collections on Undip Repository

MANAJEMEN PARKIR UNTUK PENINGKATAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) DI DINAS PERHUBUNGAN KOTA SEMARANG

Ekaryn, Hilda Happy (2022) MANAJEMEN PARKIR UNTUK PENINGKATAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) DI DINAS PERHUBUNGAN KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
Cover_Hilda Happy Ekaryn.pdf - Submitted Version

Download (245kB)
[img] Text
Bab 1 Hilda.pdf - Submitted Version

Download (466kB)
[img] Text
Bab 2_hilda.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
Bab3_hilda.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (664kB)
[img] Text
Bab 4_Hilda Happy Ekaryn.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img] Text
Dapus_Hilda.pdf - Submitted Version

Download (21kB)
[img] Text
lampiran Hilda.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (881kB)

Abstract

Manajemen parkir di Kota Semarang hingga saat ini belum dapat terlaksana dengan baik, dibuktikan dengan penerimaan retribusi parkir cukup rendah jika dibandingkan dengan potensi yang di miliki dan masih banyaknya permasalahan. Padahal dengan manajemen parkir yang baik akan menghasilkan penerimaan retribusi parkir yang banyak sehingga nantinya dapat meningkatkan PAD Kota Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa manajemen parkir di Kota Semarang yang dilaksanakan oleh Dinas Perhubungan Kota Semarang guna peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD), selain itu untuk menganalisa apa hambatan yang dialami dalam pelaksanaan manajemen parkir di Kota Semarang. Upaya menjawab permasalahan dan tujuan penelitian dengan menggunakan George R. Terry (2006 : 342) fungsi manajemen terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pergerakan dan pengawasan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif sehingga informasi dapat lebih rinci lagi, selain itu data dalam penelitian ini diperoleh dari data primer dan sekunder melalui wawancara, observasi dan studi kepustakaan. Hasil yang diperoleh penelitian ini yaitu manajemen parkir telah melaksanakan semua tahapan. Tahap perencanaan dilaksanakan dengan baik dimana pihak Dinas merencanakan tujuan atau target yang ingin diperoleh dan merencanakan program. Selanjutnya tahap pengorganisasian dijalankan dengan baik dimana pihak dinas telah merencanakan struktur dengan membentuk bidang khusus yang menangani parkir dan membagikan tugas ke setiap pegawai. Lalu tahap pergerakan sudah berjalan namun belum maksimal. Pergerakan yang kurang seperti pergerakan pada kegiatan pembinaan mensosialisasikan aturan yang dipakai dan kegiatan penginformasian lahan parkir. Sedangkan yang berjalan dengan baik ada pergerakan dalam kegiatan intensifikasi retribusi parkir, pembuatan kesepakatan atau perjanjian tertulis, pemberian fasilitas pendukung, dan penyusunan serta penyajian laporan. Lalu yang terakhir tahap pengawasan, di tahap pengawasan ini juga belum berjalan maksimal. Terdapat 2 jenis pengawasan yang dilakukan oleh Dinas Perhubungan yaitu pengawasan langsung dan tidak langsung. Pengawasan langsung dengan pengecekan langsung ke lapangan. Sedangkan tidak langsung hanya mengandalkan laporan pemasukan. Lalu untuk hambatan dalam manajemen parkir guna peningkatan PAD di Kota Semarang yaitu antara lain kurangnya personil di Dinas Perhubungan Kota Semarang, lemahnya kesadaran masyarakat, dan masih banyaknya pelanggaran yang ditemukan.

Kata Kunci: Manajemen Parkir, Retribusi Parkir, Pendapatan Asli Daerah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 07 Jun 2023 02:35
Last Modified: 07 Jun 2023 02:35
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13290

Actions (login required)

View Item View Item