Search for collections on Undip Repository

ANALISIS KARAKTERISTIK INOVASI SISTEM LAYANAN PERIZINAN TERPADU (SILAT) DALAM PERIZINAN REKLAME PADA DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KOTA BEKASI

HESTIYANA, FARADILA (2023) ANALISIS KARAKTERISTIK INOVASI SISTEM LAYANAN PERIZINAN TERPADU (SILAT) DALAM PERIZINAN REKLAME PADA DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KOTA BEKASI. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version

Download (807kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (566kB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Submitted Version

Download (522kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (743kB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (418kB)

Abstract

Permasalahan pelayanan publik merupakan suatu hal yang tidak dapat dihindari dari masyarakat Kota Bekasi. Perizinan reklame merupakan perizinan yang paling banyak diakses oleh masyarakat di DPMPTSP Kota Bekasi dan tiap tahunnya selalu meningkat. Namun, masyarakat menilai bahwa pelayanan yang diberikan terkait penerbitan izin reklame masih belum memuaskan masyarakat. Keluhan dari masyarakat yaitu mengenai sulitnya mendaftar akun di SILAT, seringnya terjadi gangguan di SILAT, serta maintenance yang cenderung sering hingga menghambat masyarakat yang ingin mengurus perizinan melalui SILAT. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik inovasi Sistem Layanan Perizinan Terpadu (SILAT) dalam perizinan reklame di DPMPTSP Kota Bekasi serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaannya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Inovasi SILAT dalam perizinan reklame dilihat melalui keuntungan relatif (relative advantage), kesesuaian (compatibility), kerumitan (complexity), kemungkinan dicoba (triability), dan kemudahan diamati (observability). Pada pelaksanaannya, perizinan reklame melalui SILAT sudah berjalan dengan baik meskipun masih terdapat kendala mengenai pelaksanaannya. Terdapat faktor pendukung pada inovasi SILAT dalam perizinan reklame yaitu kepemimpinan yang baik, pegawai DPMPTSP Kota Bekasi yang sudah mengikuti diklat, dan teknologi yang terus dikembangkan. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kurangnya pegawai yang berkompeten dalam hal manajemen risiko.

Kata Kunci: Karakteristik Inovasi, Reklame, SILAT

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 06 Jun 2023 04:24
Last Modified: 06 Jun 2023 04:24
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13281

Actions (login required)

View Item View Item