Search for collections on Undip Repository

MANAJEMEN KONFLIK PENOLAKAN MASYARAKAT TERHADAP PENGESAHAN UNDANG-UNDANG NOMOR 11 TAHUN 2020 TENTANG CIPTA KERJA DI KOTA

AZZAHRA, AZIFA UNAISI SYAHARANI (2022) MANAJEMEN KONFLIK PENOLAKAN MASYARAKAT TERHADAP PENGESAHAN UNDANG-UNDANG NOMOR 11 TAHUN 2020 TENTANG CIPTA KERJA DI KOTA. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
Cover.pdf - Submitted Version

Download (340kB)
[img] Text
Bab 1.pdf - Submitted Version

Download (777kB)
[img] Text
Bab 2 .pdf - Submitted Version

Download (749kB)
[img] Text
Bab 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (799kB)
[img] Text
Bab 4.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (272kB)
[img] Text
Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pengesahan UU Cipta Kerja mendapatkan penolakan dari serikat pekerja dan mahasiswa di Kota Semarang. Tujuan penlitian ini yakni untuk menganalisis langkah, gaya, dan strategi manajemen konflik yang diterapkan dalam konflik penolakan tersebut. Teori yang digunakan dalam penelitian yakni teori Langkah Manajemen Konflik Stevenin yang terdiri atas pengenalan, diagnosis, menyepakati suatu solusi, pelaksanaan solusi, dan evaluasi solusi. Selain itu, juga menggunakan teori Gaya Manajemen Konflik Peg Pickering yang terdiri dari collaborating, placating, dominating, avoiding, dan compromissing. Terakhit, menggunakan teori Strategi Manajemen Konflik Wiyono yang terdiri dari kalah-kalah, menang-kalah, dan menang-menang. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan teknik wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah manajemen konflik sudah diterapkan secara keseluruhan namun belum terdapat solusi yang disepakati bersama. Gaya manajemen konflik yang paling dominan diterapkan yakni gaya dominating, dimana seluruh pihak yang terlibat masih berpegang teguh pada keinginan masing-masing. Strategi manajemen konflik yang digunakan yakni menang-kalah, pihak yang menang yakni legislatif, pemerintah, dan pengusana, sedangkah pihak yang kalah yakni pihak penolak yang terdiri atas pekerja dan mahasiswa.

Kata Kunci : Manajemen Konflik, UU Cipta Kerja, Penolakan Masyarakat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 08 Jun 2023 02:11
Last Modified: 08 Jun 2023 02:11
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13260

Actions (login required)

View Item View Item