Search for collections on Undip Repository

MANAJEMEN BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) DALAM UPAYA MEMULIHKAN PENDAPATAN ASLI DESA (PADES) DI ERA NEW NORMAL (STUDI KASUS BUMDES TIRTA MANDIRI DESA PONGGOK KECAMATAN POLANHARJO KABUPATEN KLATEN)

BUDI, PUTRI ARYAWATI WIDYA (2022) MANAJEMEN BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) DALAM UPAYA MEMULIHKAN PENDAPATAN ASLI DESA (PADES) DI ERA NEW NORMAL (STUDI KASUS BUMDES TIRTA MANDIRI DESA PONGGOK KECAMATAN POLANHARJO KABUPATEN KLATEN). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version

Download (338kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (305kB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Submitted Version

Download (283kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (935kB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (154kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (752kB)

Abstract

Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) merupakan salah satu lembaga perekonomian desa yang mempunyai peran dalam meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes). Permasalahan yang dihadapi oleh BUMDes Tirta Mandiri adalah menurunnya pendapatan dari unit usaha ada yaitu Umbul Ponggok, Ponggok Ciblon, Toko Desa, dan Study Desa yang merupakan akibat pandemi Covid-19. Sehingga, dibutuhkan suatu pendekatan manajemen yang dilakukan untuk mengelola unit-unit usaha yang ada. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis manajemen BUMDes Tirta Mandiri dalam upaya memulihkan Pendapatan Asli Desa di era new normal serta menganalisis faktor-faktor pendukung dan penghambat.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Fokus dalam penelitian ini adalah Manajemen Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam upaya memulihkan Pendapatan Asli Desa (PADes) di era new normal dengan menggunakan 4 manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan. Sedangkan fokus kedua yaitu faktor pendukung dan penghambat. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Perencanaan BUMDes yang kurang matang dan belum memikirkan rencana jangka panjang. Pada pengorganisasian, pembagian kerja belum sesuai keahlian dan masih kurangnya penekanan pada job description. Pada fungsi pengarahan belum dilaksanakan secara menyeluruh kepada semua karyawan. Pada fungsi pengawasan, penilaian belum disesuaikan dengan program CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environment). (2) Faktor pendukung dalam manajemen BUMDes Tirta Mandiri yaitu adanya potensi desa yang dimiliki, kerjasama dengan pihak lain, dan adanya komitmen pemerintah. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu sumber daya manusia pengelola dan keterbatasan anggaran.

Kata Kunci: Manajemen, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), Pendapatan Asli Desa (PADes)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 31 May 2023 03:38
Last Modified: 31 May 2023 03:38
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13220

Actions (login required)

View Item View Item