Search for collections on Undip Repository

ANALISIS MARGIN DAN EFISIENSI PEMASARAN HASIL TANGKAPAN IKAN KEMBUNG (Rastrelliger sp.) DI PANGKALAN PENDARATAN IKAN (PPI) UJUNGBATU, KABUPATEN JEPARA (22p130)

DAMIANTO, AKES (2022) ANALISIS MARGIN DAN EFISIENSI PEMASARAN HASIL TANGKAPAN IKAN KEMBUNG (Rastrelliger sp.) DI PANGKALAN PENDARATAN IKAN (PPI) UJUNGBATU, KABUPATEN JEPARA (22p130). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
Cover Akes Damianto 22p130.pdf

Download (784kB)

Abstract

ABSTRAK
Akes Damianto. 26010315120039. Analisis Margin dan Efisiensi Pemasaran Hasil
Tangkapan Ikan Kembung (Rastrelliger sp) di PPI Ujungbatu, Kabupaten Jepara.
(Dian Wijayanto dan Faik Kurohman)
Ikan Kembung (Rastrelliger sp) merupakan salah satu komoditas utama di PPI
Ujungbatu yang tidak hanya disukai masyarakat Jepara namun seluruh masyarakat
Indonesia. Perlu adanya proses pemasaran yang baik dan efisien dalam penyaluran
ikan Kembung dari nelayan ke konsumen. Panjang pendeknya saluran pemasaran
berpengaruh terhadap harga yang diterima konsumen akhir. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui bentuk saluran pemasaran dan menganalisis nilai margin
pemasaran, fisherman’s share dan efisiensi pemasaran ikan Kembung di PPI
Ujungbatu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Jumlah sampel dalam
penelitian ini sebanyak 41 responden yang terdiri dari nelayan, pedagang luar kota,
pedagang skala besar, pedagang skala sedang dan pedagang skala kecil. Analisis
data yang digunakan adalah analisis margin, analisis fisherman’s share, dan analisis
efisiensi pemasaran dengan rumus yang telah tersedia. Berdasarkan hasil penelitian
diketahui bahwa pemasaran ikan Kembung di PPI Ujungbatu terdapat 2 bentuk
saluran pemasaran ikan, yaitu Saluran Pemasaran I dan Saluran Pemasaran II.
Persentase margin ikan Kembung dari Saluran Pemasaran 1 sebesar 79,88% dan
Saluran Pemasaran II sebesar 84,08%. Persentase fisherman’s share pada Saluran
Pemasaran 1 sebesar 20,12% dan Saluran Pemasaran II sebesar 15,92%. Nilai
efisiensi pemasaran dari Saluran Pemasaran I diperoleh sebesar 0,07, sedangkan
Saluran Pemesaran II 0,20. Berdasarkan nilai efisiensi yang diperoleh tersebut,
maka dapat disimpulkan bahwa Salurann Pemasaran ikan Kembung di PPI
Ujungbatu Kabupaten Jepara tergolong efisien, karena nilai efisiensi pemasarannya
< 1.
Kata Kunci : Pemasaran ikan Kembung, Margin Pemasaran, Fisherman’s share,
Efisiensi Pemasaran, PPI Ujungbatu.

ABSTRACT
Akes Damianto. 26010315120039. Margin Analysis And Marketing Efficiency of
Mackerel (Rastrelliger sp.) at Fish Landing Station (PPI) Ujungbatu, Jepara
Regency. (Dian Wijayanto and Faik Kurohman)
Mackerel (Rastrelliger sp) is one of the main commodities at Fish Landing Center
(PPI) Ujungbatu which is not only favored by the people of Jepara but all
Indonesian people. There needs to be a good and efficient marketing process in
distributing Mackerel from fishermen to consumers. The length of the marketing
channel affects the price received by the final consumer. The purpose of this study
to determine marketing channels and analyze the value of marketing margin,
fisherman's share and marketing efficiency of mackerel at PPI Ujungbatu. This
research uses a descriptive method. The number of samples in this study were 41
respondents consisting of fishermen, large-scale traders, medium-scale traders and
small-scale traders. To determine the purpose of study, the primary and secondary
data were analyzed. Primary data obtained from interviews with respondents
through questionnaires. Data analysis to determine marketing channels using
descriptively, to determine marketing margin, fisherman's share and marketing
efficiency using the available formulas. The result shows that marketing of
mackerel at PPI Ujungbatu has 2 marketing channels, there are Marketing Channel
I and Marketing Channel II. The percentage of mackerel margin from Marketing
Channel I is 79.88% and Marketing Channel II is 84.08%. Fisherman's share
percentage Marketing Channel I is 20.12% and Marketing Channel II is 15.92%.
The value of marketing efficiency from Marketing Channel I is 0.07, and Marketing
Channel II is 0.20. Based on the efficiency value, it can be concluded that the
mackerel marketing channel at PPI Ujungbatu Jepara Regency is classified as
efficient, because the marketing efficiency value is < 1.
Keywords : Mackerel Marketing Channel, Marketing Margin, Fisherman’s Share,
Marketing Efficiency, PPI Ujungbatu

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pemasaran ikan Kembung, Margin Pemasaran, Fisherman’s share, Efisiensi Pemasaran, PPI Ujungbatu, Mackerel Marketing Channel, Marketing Margin, Fisherman’s Share, Marketing Efficiency
Subjects: Fisheries And Marine Sciences
Divisions: Faculty of Fisheries and Marine Sciences > Department of Capture Fisheries
Depositing User: pancasila wati
Date Deposited: 26 May 2023 03:51
Last Modified: 26 May 2023 03:51
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13107

Actions (login required)

View Item View Item