Search for collections on Undip Repository

PAJANAN ASAP ROKOK LINGKUNGAN SEBAGAI FAKTOR RISIKO KEJADIAN PNEUMONIA PADA BALITA (SEBUAH KAJIAN LITERATUR)

PRAKOSO, BILLY FEBRIAN (2023) PAJANAN ASAP ROKOK LINGKUNGAN SEBAGAI FAKTOR RISIKO KEJADIAN PNEUMONIA PADA BALITA (SEBUAH KAJIAN LITERATUR). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO BILLY.pdf - Published Version

Download (250kB)

Abstract

Latar Belakang: The Global Impact of Respiratory Disease edisi kedua publikasi tahun 2017 menyatakan bahwa pneumonia membunuh jutaan orang setiap tahun dan merupakan penyebab utama kematian balita, dimana 1 miliar orang di dunia terpapar oleh asap rokok, yaitu salah satu faktor risiko pneumonia.
Tujuan: Meneliti signifikansi hubungan asap rokok terhadap kejadian pneumonia balita.
Metode: Literature review, dengan mengkaji 20 artikel ilmiah dari berbagai indeks online, yaitu Science Direct, EBSCOhost: Academic Search Ultimate, ProQuest: Research Library, ClinicalKey, SINTA, dan GoogleScholar.
Hasil: Dari 20 artikel yang dikaji, 12 artikel menemukan hubungan dari variabel asap rokok sebagai faktor risiko kejadian pneumonia balita. 10 diantaranya melakukan uji signifikasi dan menemukan hubungan signifikan, dimana 2 artikel yang tersisa hanya menemukan hubungan lewat analisis distribusi variabel.
Kesimpulan: Dengan mayoritas artikel menemukan hubungan faktor risiko, dengan 10 diantaranya signifikan, dapat disimpulkan bahwa asap rokok berhubungan signifikan terhadap kejadian pneumonia balita. Dinas kesehatan negara dengan masalah yang terkait disarankan membuat kebijakan pelarangan merokok di sekitar non-perokok serta program kesehatan berupa edukasi bahaya asap rokok terhadap masyarakat, yang dapat dilakukan bersamaan kegiatan posyandu atau kegiatan lain yang serupa supaya efisien waktu dan sumber daya.

Kata kunci : Pneumonia, Balita, Asap Rokok Lingkungan, Kajian Literatur

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 22 May 2023 07:25
Last Modified: 22 May 2023 07:25
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/12849

Actions (login required)

View Item View Item