Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN KARAKTERISTIK INDIVIDU DAN POSTUR KERJA DENGAN KELUHAN LOW BACK PAIN PADA KURIR EKSPEDISI DI PT POS INDONESIA KOTA SEMARANG

DAMAYANTI, MADE DIAH (2023) HUBUNGAN KARAKTERISTIK INDIVIDU DAN POSTUR KERJA DENGAN KELUHAN LOW BACK PAIN PADA KURIR EKSPEDISI DI PT POS INDONESIA KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO MADE.pdf - Published Version

Download (499kB)

Abstract

Low Back Pain merupakan penyakit berupa nyeri yang dapat dirasakan oleh penderitanya pada area lumbar, bersumber dari vertebrae, otot, spinal, saraf, atau bagian lain yang terletak di area tersebut. Nyeri tersebut dapat merambat ke arah tungkai atau tubuh bagian bawah. Latar belakang penelitian ini yaitu kurir ekspedisi merasakan nyeri di bagian punggung bawah dan mempertahankan postur kerja duduk dalam waktu yang lama selama mengendarai sepeda motor setiap harinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan antara karakteristik individu dan postur kerja dengan keluhan low back pain pada kurir ekspedisi di PT Pos Indonesia Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan rancangan kuantitatif dengan desain penelitian cross sectional. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode total sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 34 kurir ekspedisi dengan instrumen penelitian berupa kuesioner baku Modified Oswestry Disability Index, lembar kerja REBA, timbangan berat badan, dan microtoise. Analisis data penelitian ini dengan univariat dan bivariat menggunakan uji statistik chi-square. Hasil penelitian terhadap responden menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara masa kerja (p=0,020) dan postur kerja (p=0,006) terhadap keluhan low back pain pada kurir ekspedisi PT Pos Indonesia Kota Semarang. Namun, tidak terdapat hubungan antara usia (p=0,231) dan indeks massa tubuh (p=0,601) terhadap keluhan low back pain pada kurir ekspedisi PT Pos Indonesia Kota Semarang.
Kata kunci : Low back pain, postur kerja, masa kerja, indeks massa tubuh, kurir
ekspedisi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 12 Apr 2023 07:39
Last Modified: 12 Apr 2023 07:39
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/12432

Actions (login required)

View Item View Item