Search for collections on Undip Repository

PENGARUH KANGAROO MOTHER CARE (KMC) TERHADAP PEMBENTUKAN MATERNAL-INFANT ATTACHMENT ANTARA IBU DAN BAYI LAHIR PREMATUR (LITERATURE REVIEW)

Safitri, Ayu Diah and Zubaidah, Zubaidah (2023) PENGARUH KANGAROO MOTHER CARE (KMC) TERHADAP PEMBENTUKAN MATERNAL-INFANT ATTACHMENT ANTARA IBU DAN BAYI LAHIR PREMATUR (LITERATURE REVIEW). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (338kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (713kB)

Abstract

Perawatan bayi lahir prematur di ruang Neonatal Intensive Care Unit (NICU) menyebabkan pemisahan antara ibu dan bayi sehingga berisiko menghambat pembentukan maternal-infant attachment. Salah satu evidence based dalam perawatan bayi lahir prematur untuk memperkuat hubungan antara ibu dan bayi adalah Kangaroo Mother Care (KMC). Implementasi KMC perlu dilakukan kajian dan penelitian lebih lanjut melalui ¬review artikel penelitian sebelumnya untuk memastikan keefektifan implementasi tersebut. Namun demikian, penelitian literature review tentang pengaruh KMC terhadap pembentukan maternal-infant attachment belum banyak dilakukan. Penelitian literature review ini bertujuan untuk menganalisis artikel terdahulu yang mengidentifikasi pengaruh KMC terhadap pembentukan maternal-infant attachment antara ibu dan bayi lahir prematur. Penelitian ini mengikuti panduan Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-Analyses (PRISMA) 2020 dengan menerapkan metode purposive sampling pada tiga database pencarian, yaitu Pubmed, Sciendirect, dan CINAHL, serta melakukan penelusuran referensi. Artikel penelitian diseleksi menggunakan PICOS framework sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi. Hasil seleksi artikel memperoleh sebanyak tujuh artikel yang layak untuk direview. Berdasarkan hasil review, diketahui bahwa terdapat pengaruh pelaksanaan KMC terhadap pembentukan maternal-infant attachment antara ibu dan bayi prematur. KMC memberikan kesempatan kepada ibu untuk menggendong, melakukan kontak mata, dan saling bersentuhan kulit ke kulit secara langsung. KMC terbukti memiliki pengaruh positif terhadap peningkatan status attachment dan menghasilkan risiko yang lebih rendah terhadap kegagalan bonding antara ibu dan bayi lahir prematur. Disarankan agar tenaga kesehatan dapat memberikan penanganan kepada bayi lahir prematur menggunakan KMC sebagai intervensi untuk meningkatkan pembentukan maternal-infant attachment antara ibu dan bayi lahir prematur.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nursing
Depositing User: S.Hum Bekti Iskandar
Date Deposited: 03 Apr 2023 04:17
Last Modified: 03 Apr 2023 04:17
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/12329

Actions (login required)

View Item View Item