Search for collections on Undip Repository

PENGARUH KOMPENSASI DAN WORK LIFE BALANCE TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI PADA KARYAWAN PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO) DAOP 4 SEMARANG)/95/Adm. Bisnis/2022

Dewi, Shafa Ardita and Widiartanto, Widiartanto and Listyorini, Sari (2022) PENGARUH KOMPENSASI DAN WORK LIFE BALANCE TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI PADA KARYAWAN PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO) DAOP 4 SEMARANG)/95/Adm. Bisnis/2022. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
Cover.pdf - Published Version

Download (836kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (840kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (137kB)
[img] Text
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Sumber daya perusahaan yang paling terlibat dalam menunjang keberjalanan perusahaan adalah karyawan. Berdasarkan data yang diperoleh, kinerja karyawan PT. KAI (Persero) Daop 4 Semarang mengalami penurunan dari tahun 2018 hingga 2020. Penurunan kepuasan kerja diduga disebabkan oleh kompensasi dan work life balance, dimana kepuasan kerja yang menurun tersebut kemudian berdampak pada penurunan kinerja karyawan. Hal ini berdasarkan hasil penelitian terdahulu dan wawancara pendahuluan.

Tipe penelitian ini adalah explanatory research. Sebanyak 108 orang menjadi sampel dalam penelitian ini yang diambil dengan menggunakan teknik non-probability sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara pendahuluan, kuesioner, dan studi pustaka. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji validitas dan reliabilitas, uji koefisien korelasi, uji regresi linear sederhana dan berganda, koefisien determinasi, signifikansi uji t, dan uji sobel.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompensasi dan work life balance memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan kerja karyawan PT. KAI (Persero) Daop 4 Semarang. Terdapat pengaruh kompensasi terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja pada karyawan PT. KAI (Persero) Daop 4 Semarang serta terdapat pengaruh antara work life balance terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja pada karyawan PT. KAI (Persero) Daop 4 Semarang.

Saran yang diberikan adalah PT. KAI (Persero) dapat mempertimbangkan kembali mengenai pemberian kompensasi agar dapat memenuhi harapan karyawan, kemudian lebih memerhatikan dan mengidentifikasi praktik-praktik work life balance seperti memberikan waktu luang untuk karyawan agar mendapatkan keterlibatan dan quality time yang cukup dengan keluarga atau teman-temannya, serta pembagian kerja yang sesuai keahlian agar karyawan merasa puas atas keterlibatannya terhadap pekerjaan. Untuk peningkatan kepuasan kerja hendaknya dapat menyesuaikan kembali dasar-dasar yang digunakan untuk promosi, tidak hanya untuk karyawan yang memiliki masa kerja paling lama saja namun cakupan dasar untuk promosi dapat lebih diperluas kembali berdasarkan pencapaian kinerja karyawan.

Kata Kunci: Kompensasi, Work Life Balance, Kepuasan Kerja, Kinerja Karyawan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 28 Feb 2023 01:33
Last Modified: 28 Feb 2023 01:33
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/11948

Actions (login required)

View Item View Item