Umur, Sarah Azmil and Prihatini, Apriatni Endang (2022) PENGARUH STRATEGI PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT BERKUNJUNG KEMBALI DESTINASI PARIWISATA TAMAN GRAHA MANGROVE KOTA BONTANG (Studi Pada Wisatawan Destinasi Pariwisata Taman Graha Mangrove Kota Bontang)/82/Adm. Bisnis/2022. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.
![]() |
Text
Cover.pdf - Published Version Download (389kB) |
![]() |
Text
Bab 1.pdf - Published Version Download (477kB) |
![]() |
Text
Bab 2.pdf - Published Version Download (1MB) |
![]() |
Text
Bab 3.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (479kB) |
![]() |
Text
Bab 4.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (145kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (674kB) |
Abstract
Sektor pariwisata berperan penting dalam pembangunan perekonomian di Indonesia, kontribusi yang besar terhadap perekonomian inilah yang menjadi pendukung sebuah perusahaan dalam meningkatkan jumlah pengunjung objek pariwisata.
Taman Graha Mangrove merupakan salah satu destinasi pariwisata yang berada di Kota Bontang. Berdasarkan data yang didapatkan Taman Graha Mangrove mengalami penurunan jumlah pengunjung sejak tahun 2016, diduga penurunan ini diakibatkan oleh wisatawan yang mengalami pengalaman negatif ketika melakukan kunjungan sebelumnya dan kurangnya daya tarik penawaran yang diberikan destinasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi promosi dan kualitas pelayanan terhadap minat berkunjung kembali pada Taman Graha Mangrove Bontang.
Tipe penelitian ini adalah explanatory research dengan penyebaran kuesioner sebagai teknik pengumpulan data. Sampel berjumlah 100 responden dengan pendekatan Accidental sampling dan purposive sampling. Responden yang dipilih merupakan wisatawan yang pernah melakukan kunjungan ke Taman Graha Mangrove Bontang.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi promosi (X1) dan kualitas pelayanan (X2) mampu memberikan pengaruh secara simultan dan positif terhadap minat berkunjung kembali (Y). Dalam penelitian ini variabel kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap minat berkunjung kembali. Persepsi negatif yang dimiliki kedua variabel tersebut menyebabkan variabel independen belum dinyatakan sangat baik, sehingga pihak pengelola Taman Graha Mangrove Bontang perlu meningkatkan serta mengembangkan keberagaman media yang digunakan serta meningkatkan nilai kualitas pelayanan dimata masyarakat.
Kata Kunci: Strategi Promosi, Kualitas Pelayanan, Minat Berkunjung Kembali
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration |
Depositing User: | diana nirwani |
Date Deposited: | 24 Feb 2023 01:50 |
Last Modified: | 24 Feb 2023 01:50 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/11914 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |