Rahmawati, Aisyah and Widiartanto, Widiartanto and Pinem, Robetmi Jumpakita (2022) PENGARUH DESTINATION IMAGE DAN TOURIST EXPERIENCE TERHADAP REVISIT INTENTION YANG DIMEDIASI OLEH PERCEIVED VALUE (STUDI PADA PENGUNJUNG SERULINGMAS BANJARNEGARA INTERACTIVE ZOO)/76/Adm. Bisnis/2022. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.
![]() |
Text
COVER.pdf - Published Version Download (425kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf - Published Version Download (676kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (718kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (21kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (162kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (899kB) |
Abstract
Pariwisata memiliki peranan penting dalam pertumbuhan ekonomi nasional, dimana berkontribusi pada perolehan devisa, pendapatan daerah, penyerapan investasi, penyerapan tenaga kerja dan pengembangan wilayah. Kebun binatang Serulingmas Banjarnegara Interactive Zoo merupakan destinasi wisata yang berada di Banjarnegara Jawa Tengah. Berdasarkan data kunjungan wisatawan pada tahun 2018 sampai 2022 Serulingmas Banjarnegara Interactive Zoo mengalami fluktuasi hingga penurunan yang sangat drastic pada 2020 akibat adanya pandemic Covid-19.
Riset ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh destination image dan tourist experience terhadap revisit intention ke Serulingmas Banjarnegara Interactive Zoo melalui perceived value. Tipe penelitian ini adalah explanatory research. Metode pengambilan sampel pada riset ini adalah nonprobability sampling dengan cara purposive sampling. Sebanyak 100 responden pengunjung Serulingmas Banjarnegara Interacive Zoo dijadikan sampel penelitian. Untuk menganalisis terhadap uji yang digunakan menggunakan bantuan software SPSS 25.0 dan uji sobel.
Hasil riset menunjukan bahwa destination image dan tourist experience berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap perceived value dan juga trehadap revisit intention. Destination image dan tourist experience berpengaruh positif dan signfikan secara simultan terhadap perceived value dimana ketika bersama-sama tourist experience memiliki pengaruh paling besar. Variabel perceived value merupakan variabel mediasi parsial.
Berdasarkan hasil tersebut maka disarankan supaya Serulingmas Banjarnegara Interactive Zoo terlebih dahulu meningkatkan kualitas tourist experience pengunjung sehingga pengunjung tertarik untuk berkunjung kembali.
Kata Kunci : Destination Image, Tourist Experience, Revisit Intention, Perceived Value
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration |
Depositing User: | diana nirwani |
Date Deposited: | 23 Feb 2023 07:43 |
Last Modified: | 22 Jun 2023 06:56 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/11903 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |