Search for collections on Undip Repository

PENGARUH TINGKAT PENDAPATAN, TINGKAT PENDIDIKAN, DAN KEPERCAYAAN TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN INVESTOR MILENIAL DALAM BERINVESTASI DI MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI PADA KOMUNITAS INVESTOR TJUANMUDA) 83adbis2022

Kristina, Anna Tince (2022) PENGARUH TINGKAT PENDAPATAN, TINGKAT PENDIDIKAN, DAN KEPERCAYAAN TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN INVESTOR MILENIAL DALAM BERINVESTASI DI MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI PADA KOMUNITAS INVESTOR TJUANMUDA) 83adbis2022. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf - Published Version

Download (399kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (490kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (268kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (473kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (208kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (271kB)

Abstract

Pandemi Covid-19 yang melumpuhkan ekonomi banyak negara telah mendorong motivasi baru bagi generasi milenial dalam menata keuangan mereka. Data yang diperoleh BEI menunjukan peningkatan jumlah investor selama pandemi Covid-19 yang didominasi oleh generasi milenial, di tengah melemahnya perekonomian di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor apa saja yang mempengaruhi pengambilan keputusan investor millenial dalam berinvestasi di masa pandemi Covid-19. Dalam penelitian ini faktor yang mempengaruhi, yakni tingkat pendapatan, tingkat pendidikan, dan kepercayaan. Teori yang digunakan pada penelitian ini berlandaskan pada teori perilaku investor dari Baker & Ricciardi (2014). Tipe penelitian ini ialah kuantitatif eksplanatif dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner terhadap 58 responden yang tergabung dalam komunitas investor bernama Tjuanmuda. Analisis data yang digunakan ialah analisis regresi linier menggunakan SPSS untuk windows versi 26. Hasil dari penelitian ini menunjukan adanya pengaruh tingkat pendapatan, tingkat pendidikan, dan kepercayaan terhadap pengambilan keputusan secara simultan, namun secara parsial tingkat pendidikan tidak berpengaruh terhadap pengambilan keputusan. Peneliti menyarankan bagi investor maupun calon investor agar dapat mengelola pendapatan dengan baik dalam pengambilan keputusan investasi, memperbanyak edukasi mengenai investasi, serta untuk menumbuhkan kepercayaan dalam berinvestasi investor dan calon investor dapat memulai investasi dengan jenis investasi yang memiliki profil risiko lebih rendah.

Kata kunci: tingkat pendapatan; tingkat pendidikan; kepercayaan: pengambilan keputusan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 18 Sep 2023 02:36
Last Modified: 18 Sep 2023 02:36
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/11129

Actions (login required)

View Item View Item