Search for collections on Undip Repository

RESILIENSI BISNIS PADA UMKM BATIK BALQIS SEMARANG DI ERA PANDEMI COVID-19/31/ADM.BISNIS/2022

HIDAYAT, WAHYU ARIF and Hermani DS, Agus and Budiatmo, Agung (2022) RESILIENSI BISNIS PADA UMKM BATIK BALQIS SEMARANG DI ERA PANDEMI COVID-19/31/ADM.BISNIS/2022. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
COVER.pdf - Published Version

Download (912kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (549kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (375kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (721kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (245kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (395kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (858kB)

Abstract

Pandemi Covid-19 menyebabkan berkurangnya pemasukan dan berdampak pada pembayaran gaji karyawan sehingga Batik Balqis melakukan pemberhentian karyawan sementara.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi resiliensi bisnis berbasis Perbaikan Kualitas Produk dan Pelayanan, Customer Relationship Marketing, Digital Marketingdan E-commerce pada UMKM Batik Balqis Semarang selama pandemi Covid-19.Resiliensi merupakan kemampuan untuk mendapatkan kembali kekuatan, vitalitas dalam pemulihan dari suatu bencana, kegagalan dan trauma, serta pemulihan pada kehidupan yang utuh. Agar dapat beradaptasi dengan baik dalam situasi yang sulit, maka diperlukan penemuan peluang baru untuk memodifikasi bisnis, membangun ketahanan, serta memastikan perbaikan berkelanjutan (Zuperkiene et al., 2021).
Penelitian ini menggunakan metode kualitatifdengan tipe deskriptif.Penelitian ini dilakukan di Batik Balqis Jalan Kampung Batik Gedong No. 434 RT 02 RW 02, Kelurahan Rejomulyo, Kota Semarang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi,wawancara, dan dokumentasi. Analisis serta interpretasi data menggunakan analisis model interaktifoleh Miles dan Huberman (1994)yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa resiliensi bisnis berbasis perbaikan kualitas produk dan penyesuaian pelayanan yang dilakukan oleh Batik Balqis yaitu, model batik yang diproduksi menyesuaikan dengan trend fashion yang up to date sehingga dapat menghasilkan batik yang dapat memenuhi keinginan konsumen. Resiliensi bisnis berbasis customer relationship yang dilakukan oleh Batik Balqis yaitu, pemberian diskon dan promo. Resiliensi bisnis berbasis digital marketing yang dilakukan oleh Batik Balqis yaitu pengelolaan website untuk mempromosikan produk batik.Resiliensi bisnis berbasis E-commerce yang dilakukan oleh Batik Balqis yaitu penjualan dan pemasaran melalui media sosial dan E-commerce seperti Bukalapak. Saran dari sayakedepannya diharapkan dapatmemanfaatkan media sosial sebagai media promosi agar lebih difokuskan juga pada Instagram dan TikTok dengan membuat postingan foto dan video berdurasi singkat karena memiliki cakupan audiens yang lebih luas.

Kata Kunci : Resiliensi Bisnis, Batik Balqis, UMKM, Pandemi Covid-19

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 06 Jan 2023 03:44
Last Modified: 06 Jan 2023 03:44
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10993

Actions (login required)

View Item View Item