Search for collections on Undip Repository

Analisis Perubahan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan terkait Penggunaan Alat Tangkap Ikan Jenis Cantrang pada Kecamatan Juwana Kabupaten Pati/96/ADM.PUBLIK/2021

VIANA, YASINTA WIDI and Priyadi, Budi Puspo and Purnaweni, Hartuti (2021) Analisis Perubahan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan terkait Penggunaan Alat Tangkap Ikan Jenis Cantrang pada Kecamatan Juwana Kabupaten Pati/96/ADM.PUBLIK/2021. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
Cover.pdf - Published Version

Download (343kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (862kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (855kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (367kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (984kB)

Abstract

Perubahan peraturan terkait penggunaan alat tangkap Ikan beberapa kali dilakukan. Pelegalan cantrang maupun pelarangan cantrang keduanya mendapat respon yang beragam, Saat ini pengoperasian cantrang diatur melalui Permen KP No 18 tahun 2021 tentang Penempatan Alat Penangkapan Ikan dan Alat Bantu Penangkapan Ikan di Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Republik Indonesia dan Laut Lepas serta Penataan Andon Penangkapan Ikan. Sebelum ditetapkan peraturan tersebut berbagai gejolak terjadi disetiap perubahannya. Cantrang yang dilarang mendapatkan penolakan dari nelayan, kemudian untuk legalisasi cantrang mendapatkan kritikan dari berbagai pihak yang terlibat. Kecamatan Juwana salah satu wilayah yang menerima adanya perubahan dalam permen KP terkait pengoperasian cantrang. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pertimbangan pemerintah dalam melakukan perubahan pada Permen KP terkait penggunaan API jenis cantrang dan menganalisis konteks implementasi kebijakannya. Penelitian ini melihat konteks kebijakan menggunakan model implementasi Merilee S. Grindle. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan dari setiap masing-masing perubahan yang dilakukan pemerintah memiliki alasan yang berdasar dari kajian dan evaluasi secara mendalam bersama KKP. Konteks implementasi kebijakan menunjukkan pada komitmen implementator yang masih diharapkan oleh nelayan Juwana untuk selalu memberikan kemudahan disetiap peraturannya sehingga dapat menciptakan kesejahteraan nantinya, sosialisasi selalu diupayakan oleh pihak KKP secara persuasi untuk meningkatkan pemahaman nelayan mengenai alat tangkap ikan jenis cantrang dan API yang ramah lingkungan. Rekomendasi penelitian ini, Memberikan solusi dan melakukan manajemen lapangan dengan dinamis untuk menyesuaikan permasalahan yang dimiliki nelayan. Penetapan peraturan penggunaan alat tangkap ikan harus dijalankan dengan konsisten oleh pemerintah, menerima kritikan dari beberapa pihak juga diperlukan sebagai keterbukaan pemerintah terhadap publik.

Kata kunci: Implementasi, cantrang, perubahan peraturan, konteks, KKP

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 05 Jan 2023 02:10
Last Modified: 05 Jan 2023 02:10
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10953

Actions (login required)

View Item View Item