Search for collections on Undip Repository

EFEKTIVITAS SISTEM ONLINE SINGLE SUBMISSION (OSS) PADA DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KABUPATEN BLORA/89/ADM.PUBLIK/2021

AKNI, YULISTIA and Herawati, Augustin Rina and Hariani, Dyah (2021) EFEKTIVITAS SISTEM ONLINE SINGLE SUBMISSION (OSS) PADA DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KABUPATEN BLORA/89/ADM.PUBLIK/2021. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
COVER.pdf - Published Version

Download (949kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Published Version

Download (839kB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Published Version

Download (512kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (827kB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (397kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (684kB)

Abstract

Efektivitas merupakan konsep dalam melaksanakan tugas atau kegiatan dengan melakukan pengukuran untuk menggambarkan tingkat keberhasilan suatu organisasi dalam mencapai tujuan yang layak untuk dicapai. Keberhasilan suatu sistem dapat dilihat apabila tercapainya semua tujuan atau sasaran seperti yang telah ditentukan sebelumnya. Efektivitas yang dimaksudkan adalah Efektivitas Sistem Online Single Submission (OSS) Pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Blora. Pada kenyataannya sistem tersebut masih memerlukan banyak perbaikan. Tujuan Penelitian ini yaitu mendeskripsikan dan menganalisis efektivitas pelayanan perizinan berusaha melalui sistem Online Single Submission (OSS) serta mengidentifikasi faktor pendukung dan faktor penghambat efektivitas pelayanan perizinan berusaha melalui sistem Online Single Submission (OSS). Metode penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan. Penentuan subjek dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan purposive sampling. Teori yang digunakan adalah teori pengukuran efektivitas menurut Kettner, Moroney, dan Martin meliputi upaya (effort), efisiensi biaya (cost efficiency), hasil (result), efektivitas biaya (cost effectiveness), dampak (impact). Hasil penelitian yang dilakukan yaitu pelayanan perizinan melalui sistem Online Single Submission (OSS) ini belum dikatakan efektif, karena masih terdapat beberapa kendala yang ditemui. Faktor pendukung efektivitas pelayanan perizinan melalui sistem Online Single Submission (OSS) yaitu sumber daya infrastruktur, ketersediaan anggaran khusus, sistem administrasi, anggaran untuk pemeliharaan sistem dan peran masyarakat. Faktor penghambat efektivitas pelayanan perizinan melalui sistem Online Single Submission (OSS) yaitu keterbatasan sumber daya manusia, keterbatasan anggaran monitoring dan evaluasi, masyarakat masih mengabaikan sosialisasi, biaya yang dikeluarkan tidak sesuai dengan tujuan dan sistem error.

Kata kunci : Efektivitas, Sistem OSS

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 04 Jan 2023 04:25
Last Modified: 04 Jan 2023 04:25
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10927

Actions (login required)

View Item View Item