Search for collections on Undip Repository

MANAJEMEN PELAYANAN PUBLIK BERBASIS TEKNOLOGI MELALUI E- PBB DI KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG/80/ADM.PUBLIK.2021

Prajatama, Kevin Satria and Larasati, Endang and Lituhayu, Dyah (2021) MANAJEMEN PELAYANAN PUBLIK BERBASIS TEKNOLOGI MELALUI E- PBB DI KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG/80/ADM.PUBLIK.2021. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
1 cover_FIX.pdf - Published Version

Download (493kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (932kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (353kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (906kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (76kB)
[img] Text
lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)

Abstract

Pelayan publik di Indonesia terus berkembang dalam rangka mewujudkan konsep good governance. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan digitalisasi program pelayanan publik dalam bentuk electronic PBB (e-PBB). Pemerintah Kecamatan Gunungpati Kota Semarang menjadi salah satu badan pemerintah yang menggencarkan program ini untuk memudahkan masyarakatnya dalam membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), mengingat bahwa Kecamatan Gunungpati merupakan kecamatan dengan pendapatan PBB terendah pada tahun 2019 di Kota Semarang. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana pelaksanaan pembayaran pajak menggunakan e-PBB di Kecamatan Gunungpati, serta untuk mengetahui strategi yang memudahkan masyarakat dalam melakukan pembayaran pajak via e-PBB di Kecamatan Gunungpati, sehingga tidak terjadi penunggakan pajak. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis data primer dan sekunder yang didapatkan dengan metode telaah pustaka, observasi, dan studi lapangan. Objek dari penelitian merupakan 3 narasumber yang terdiri dari 2 orang pihak pemerintah dan 1 orang masyarakat Kecamatan Gunungpati. Lokus dari penelitian ini ialah Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Metode analisis yang digunakan adalah deskriptif analitis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan e- PBB di Kecamatan Gunungpati Semarang menggunakan pola manajemen Organizing, Actuating, dan Controlling. Selain itu, Kecamatan Gunungpati telah melaksanakan beberapa program guna memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam membayar PBB-P2 serta untuk mengejar target pembayaran PBB-P2 di wilayah Kecamatan Gunungpati Semarang. Upaya ini secara sebagian telah memenuhi penerapan paradigma New Public Service.

Kata Kunci : Manajemen Pelayanan Publik, New Public Service, e-PBB, Kecamatan Gunungpati.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 05 Jan 2024 03:38
Last Modified: 05 Jan 2024 03:38
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10913

Actions (login required)

View Item View Item