Search for collections on Undip Repository

Implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Semarang Nomor 7 Tahun 2016 Tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan Kasus Pencatatan Akta kematian Di Kabupaten Semarang/72/ADM.PUBLIK/2021

Kurniawan, Indra Hadistia and Subowo, Ari (2021) Implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Semarang Nomor 7 Tahun 2016 Tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan Kasus Pencatatan Akta kematian Di Kabupaten Semarang/72/ADM.PUBLIK/2021. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
1. Cover (1).pdf - Published Version

Download (434kB)
[img] Text
2. Bab I (1).pdf - Published Version

Download (656kB)
[img] Text
3. Bab II (1).pdf - Published Version

Download (533kB)
[img] Text
4. Bab III (1).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
5. Bab IV (1).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (334kB)
[img] Text
6. Bab V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[img] Text
7. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (94kB)
[img] Text
8. Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (517kB)

Abstract

Kegiatan administrasi kependudukan dilakukan seseorang dari mereka lahir kedunia hingga kelak mereka meninggal dunia, yang berarti administrasi kependudukan dilakukan sepanjang hayatnya. Kegiatan administrasi kependudukan di wilayah Kabupaten Semarang ditangani oleh Disdukcapil Kabupaten Semarang. Masyarakat masih menganggap bahwa identitas data diri mereka hanya diperlukan saat hidup saja dengan cukup memiliki Kartu Tanda Penduduk dan Akta Kelahiran. Namun masyarakat masih menganggap sebelah mata fungsi akta kematian bagi keluarganya yang meninggal sehingga jarang melaporkan kejadian penting tersebut pada petugas dinas terkait sehingga banyak kematian tidak tercatat. Penelitian inimemiliki tujuan mengetahui pelaksanaanPerda Kabupaten Semarang No. 7 Tahun 2016 Tentang Penyelenggaraan Administrasi kependudukan pada kasus pencatatan akta kematian serta mencari faktor yang berdampak pada pelaksanaan peraturan tersebut dengan memakai konsep dari Van Metter serta Van Horn. Pada Penelitian inimemakai metode kualitatif sertadata yang bersumber dari wawancaranarasumber, pemeriksaan lokus, serta dokumen data terkait. Penelitian menemukan bahwaDisdukcapil Kabupaten Semarang berupaya melaksanakan kebijakan tersebut melalui berbagai program yang dimiliki namun program yang ada tidak terlepas dari kendala dalam pelaksanaannya. Adapun faktor yang menghambat kebijakan tersebut adalah Karakteristik agen pelaksana, sumberdaya,komunikasi antar organisasi, serta kondisi sosial ekonomi masyarakat. Sedangkan faktor pendorongnya adalah Standar dan Sasaran kebijakan, Disposisi Implementor. Peneliti merekomendasikan penambahan sumber daya manusia dengan pegawai ASN, penambahan serta perbaikan fasilitas, peningkatan sosialisasi yang langsung pada masyarakat, penambahan bagian pada struktur organisasi, memperketat peraturan.
Kata Kunci : Implementasi, Administrasi Kependudukan, Akta Kematian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 03 Jan 2023 04:44
Last Modified: 03 Jan 2023 04:44
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10880

Actions (login required)

View Item View Item