Search for collections on Undip Repository

EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM BANK SAMPAH DI KELURAHAN PEDURUNGAN KIDUL KECAMATAN PEDURUNGAN KOTA SEMARANG/63/ADM.PUBLIK/2021

ASRI, NARWASTU WIDYAN SURYANING and Purnaweni, Hartuti and Subowo, Ari (2021) EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM BANK SAMPAH DI KELURAHAN PEDURUNGAN KIDUL KECAMATAN PEDURUNGAN KOTA SEMARANG/63/ADM.PUBLIK/2021. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
COVER.pdf - Published Version

Download (347kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (653kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (771kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (277kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (417kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Persoalan sampah masih menjadi salah satu isu krusial yang terjadi di Kota Semarang, termasuk di Kelurahan Pedurungan Kidul, Kecamatan Pedurungan, Kota Semarang. Tingginya jumlah penduduk yang tidak dibarengi dengan kesadaran masyarakat akan pengelolaan sampah rumah tangga menjadi faktor utama tingginya jumlah sampah di Kelurahan Pedurungan Kidul. Dalam upaya mengatasi permasalahan tersebut, Pemerintah Kota Semarang mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam pengelolaan sampah rumah tangga melalui pendirian bank sampah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan bank sampah yang ada di Kelurahan Pedurungan Kidul beserta faktor pendukung dan faktor penghambat yang mempengaruhinya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-komparatif dengan jenis data kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Program Bank Sampah belum terlaksana secara optimal. Adapun faktor penghambat yang mempengaruhi pelaksanaan Program Bank Sampah di Kelurahan Pedurungan Kidul meliputi aspek sumber daya manusia, sarana dan prasarana penunjang, dan komunikasi. Saran yang dapat direkomendasikan adalah memperbaiki proses komunikasi dengan mengoptimalkan sosialisasi mengenai bank sampah baik oleh Dinas Lingkungan Hidup ataupun masing-masing bank sampah.

Kata kunci: Evaluasi, Pengelolaan Sampah, Bank Sampah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 02 Jan 2023 07:36
Last Modified: 02 Jan 2023 07:36
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10851

Actions (login required)

View Item View Item