Search for collections on Undip Repository

Target Compliance dalam Kebijakan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM) di Pasar KarangayuKota Semarang sebagai Upaya Penanganan COVID-19/62/ADM.PUBLIK/2021

Almasati, Tuhfah and Astuti, Retno Sunu and Kristanto, Yuliana (2021) Target Compliance dalam Kebijakan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM) di Pasar KarangayuKota Semarang sebagai Upaya Penanganan COVID-19/62/ADM.PUBLIK/2021. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
COVER.pdf - Published Version

Download (392kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (647kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (408kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (235kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (196kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

COVID-19 merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2 yang menyerang sistem pernapasan manusia. Virus ini telah ditetapkan sebagai pandemi yang tidak hanya masif menyerang kesehatan, namun juga menimbulkan masalah di berbagai sektor. Kota Semarang dalam rangka mencegah bertambahnya kasus dan mencegah peningkatan angka kematian akibat penyebaran COVID-19 memberlakukan kebijakan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM) yang diatur dalam Peraturan Walikota Semarang Nomor 28 Tahun 2020. Kebijakan ini mengatur pembatasan kegiatan masyarakat di tempat umum termasuk pasar tradisional. Pasar tradisional merupakan tempat yang menyediakan berbagai kebutuhan hidup sehari-hari, sehingga dengan kondisi dan aktivitas pasar tradisional membuat penularan COVID-19 sulit dihindari.Oleh karena itu pasar tradisional perlu mendapat perhatian khusus dalam implementasi kebijakan Pembatasan Kegiatan Masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat target compliance serta faktor penghambat target compliancekebijakan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM) sebagai upaya penanganan COVID-19 di Pasar Karangayu Kota Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian menujukkan tingkat kepatuhan pengunjung dan pedagang Pasar Karangayu Kota Semarang terhadap kebijakan PKM berada dalam kategori cukup patuh. Sedangkan hasil analisis faktor-faktor target compliance menunjukkan kepatuhan yang belum optimal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor yaitu adanya keterbatasan informasi, tidak adanya insentif dan sanksi yang tidak cukup, kurangnya pengawasan, kemampuan pemenuhan sumber daya, kurangnya otonomi, dan kurangnya keyakinan yang menentukan sikap target group untuk mematuhi kebijakan.

Kata Kunci: Target Compliance, Pembatasan Kegiatan Masyarakat,
COVID-19

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 02 Jan 2023 07:19
Last Modified: 02 Jan 2023 07:19
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10846

Actions (login required)

View Item View Item