Search for collections on Undip Repository

ANALISIS KETEPATAN PELAKSANAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) DI SDN 2 KWADUNGAN GUNUNG KECAMATAN KLEDUNG KABUPATEN TEMANGGUNG/59/ADM.PUBLIK/2021

OASE, AULIA ACEIDE and Kismartini, Kismartini (2021) ANALISIS KETEPATAN PELAKSANAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) DI SDN 2 KWADUNGAN GUNUNG KECAMATAN KLEDUNG KABUPATEN TEMANGGUNG/59/ADM.PUBLIK/2021. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
Cover.pdf - Published Version

Download (481kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (824kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (388kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (728kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (14kB)

Abstract

Program Dana Bantuan Operasional Sekolah merupakan program yang dirumuskan untuk menekan Angka Putus Sekolah dan mendukung percepatan program Wajib Belajar. Masalah yang muncul adalah adanya indikasi penyimpangan dalam pelaksanaan Dana BOS. Melalui pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini bertujuan untuk menganalisispelaksanaan Dana BOS di SDN 2 Kwadungan Gunung dan ketepatannya pelaksanaannya menggunakan teori lima ketepatan. Pelaksanaan dana BOS di SDN 2 Kwadungan Gunung dilihat dari pengalokasian, penyaluran, penggunaan dan pertanggungjawaban.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan Dana BOS sudah berjalan dengan baik, meski dalam penggunaannya terdapat komponen pembiayaan yang tidak dapat terpenuhi. Berdasarkan lima indikator ketepatan yang diteliti terdapat indikator ketepatan yang belum berjalan dengan baik, yaitu ketepatan pelaksana, ketepatan lingkungan dan ketepatan keputusan. Meski demikian, dua indikator ketepatan lain yaitu ketepatan kebijakan dan ketepatan target sudah berjalan dengan baik. Rekomendasi yang dapat penulis berikan adalah sekolah mendorong dan membantu guru honorer dalam proses rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), sekolah untuk lebih aktif dalam melibatkan Komite Sekolah dan mengubah sistem sosialisasi Dana BOS.

Kata Kunci: Analisis Ketepatan. Implementasi Kebijakan, Bantuan Operasional Sekolah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 02 Jan 2023 06:52
Last Modified: 02 Jan 2023 06:52
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10841

Actions (login required)

View Item View Item