Search for collections on Undip Repository

COLLABORATIVE GOVERNANCE DALAM PENGEMBANGAN DESA WISATA KEMETUL, KECAMATAN SUSUKAN,KABUPATEN SEMARANG/54/ADM.PUBLIK/2021

Utami, Aninda Diah Maharani (2021) COLLABORATIVE GOVERNANCE DALAM PENGEMBANGAN DESA WISATA KEMETUL, KECAMATAN SUSUKAN,KABUPATEN SEMARANG/54/ADM.PUBLIK/2021. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
COVER.pdf - Published Version

Download (497kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (458kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (844kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (756kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (226kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Desa Wisata Kemetul sudah berjalan selama kurang lebih 10 tahun, namun perkembangannya lambat dan keberadaannya yang tidak banyak diketahui oleh masyarakat, menjadi latar belakang penelitian ini. Komitmen yang kurang daristakeholders sehingga desa wisata ini pengembangannya kurang berjalan secara maksimal. Berdasarkan hal tersebut, maka peneliti melakukan penelitian terkait dengan collaborative governance serta faktor keberhasilan dalam pengembangan Desa Wisata Kemetul. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis collaborative governance dan faktor yang menunjang keberhasilannya dalam pengembangan Desa Wisata Kemetul. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian utama adalah para stakeholders terkait dengan teknik purposive sampling. Situs penelitiannya ada di Desa Wisata Kemetul dengan teknik pengumpulan data melalui observasi langsung, wawancara, dokumen terkait dan materi audio visual. Hasil penelitian menunjukan bawasannya collaborative governance masih menemui banyak kendala, hal ini dibuktikan dengan analisis model collaborative governance Ansell dan Gash, seperti: ketegasan aturan, pemahaman visi misi bersama, komitmen dan partisipasi yang kurang. Faktor keberhasilan yang mendukung, yaitu: kepercayaan yang kuat, adanya peraturan, adanya pembagian tanggungjawab, pembagian informasi dan tersedianya sumber daya, disamping itu ada beberapa indikator yang belum terpenuhi, yaitu: struktur jaringan, komitmen dan kejelasan tata kelola.

Kata kunci: Desa Wisata, CollaborativeGovernance, Desa Wisata Kemetul

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 02 Jan 2023 03:50
Last Modified: 02 Jan 2023 03:50
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10826

Actions (login required)

View Item View Item