Search for collections on Undip Repository

ANALISIS E-SERVICE BURSA KERJA ONLINE (Studi Kasus pada E-Makaryo Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Provinsi Jawa Tengah) / 53/ADM.PUBLIK/2021

WULANDARI, KIKI and Hariani, Dyah and Sulandari, Susi (2021) ANALISIS E-SERVICE BURSA KERJA ONLINE (Studi Kasus pada E-Makaryo Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Provinsi Jawa Tengah) / 53/ADM.PUBLIK/2021. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
COVER.pdf - Published Version

Download (634kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (763kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (723kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (923kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (355kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (184kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (658kB)

Abstract

E-Makaryo merupakan pelayanan publik yang dijalankan oleh Dinas Tenaga
Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Tengah yang bertujuan untuk mengurangi
angka pengangguran di Jawa Tengah. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis
pelaksanaan E-Service bursa kerja online (E-Makaryo) Dinas Tenaga Kerja dan
Transmigrasi Provinsi Jawa Tengah dan mengetahui faktor pendorong dan faktor
penghambat. Metode penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan
data penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang
digunakan adalah E-Service menurut Jurnal Andi Muh Fikram dkk, mencerminkan
3 komponen utama dalam E-Service yaitu penyedia layanan, penerima layanan dan
saluran pelayanan. Hasil penelitian menunjukkan E-Service dalam E-Makaryo
belum tercapai secara maksimal dilihat dari aspek penyedia layanan dimana masih
kurangnya petugas sehingga belum bisa menghadirkan pelayanan yang memuaskan
bagi masyarakat. Aspek lain seperti pengguna layanan masih kurangnya dorongan
untuk menarik masyarakat seperti sosialisasi belum diadakan dan saluran pelayanan
masih terdapat kendala dalam kenyamanan penggunaan mengingat jaringan yang
terkadang error. Faktor pendorong adalah sikap kepemimpinan kepada pegawai,
pegawai diberi reward atas tugas yang telah dicapai dan kemudahan berupa layanan
yang dapat diakses dimana saja, sedangkan faktor penghambat adalah sumber daya
manusia yang kurang dalam pelayanan E-Makaryo dan kelemahan jaringan disetiap
wilayah membuat faktor penghambat layanan online. Berdasarkan permaslahan
tersebut, peneliti menyarakan bahwa pelaksanaan sosialisasi harus menyentuh
beberapa sasaran.

Kata Kunci : E-Government, E-Service, E-Makaryo

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 02 Jan 2023 03:41
Last Modified: 02 Jan 2023 03:41
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10824

Actions (login required)

View Item View Item