Search for collections on Undip Repository

IMPLEMENTASI PROGRAM PERBAIKAN RUMAH TIDAK LAYAK HUNIUNTUK KESEJAHTERAANSOSIAL MASYARAKAT DI DESA GAMBIRANOM KECAMATAN BATURETNO KABUPATEN WONOGIRI/39/ADM.PUBLIK/2021

Baskoro, Dwi and Purnaweni, Hartuti and Subowo, Ari (2021) IMPLEMENTASI PROGRAM PERBAIKAN RUMAH TIDAK LAYAK HUNIUNTUK KESEJAHTERAANSOSIAL MASYARAKAT DI DESA GAMBIRANOM KECAMATAN BATURETNO KABUPATEN WONOGIRI/39/ADM.PUBLIK/2021. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
COVER.pdf - Published Version

Download (367kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (465kB)
[img] Text
BAB II .pdf - Published Version

Download (593kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (692kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (121kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Desa Gambiranom merupakan desa di Kecamatan Baturetnodengan jumlah rumah tidak layak huni tertinggi di Kecamatan Baturetno. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, pemerintah memberikan program bantuan keuangan dalam rangka mengurangi jumlah rumah tak layak huni di Desa Gambiranom. Tujuan penelitian menganalisis implementasi program tersebut dan menganalisis aspek pendorong dan penghambat program. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penentuan informan dengan teknik purposive sampling dan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi pustaka. Analisis interpretasi data dengan reduksi data, data display, dan pengambilan keputusan maupun verifikasi. Ujivaliditas dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian pelaksanaan program perbaikan rumah tidak layak huni di Desa Gambiranom terdiri tiga tahap yaitu persiapan, pelaksanaan, dan pelaporan pertanggungjawaban. Persiapan program dimulai dengan sosialisasi, verifikasi data, dan penyaluran bantuan ke pemerintah desa. Dalam pelaksanaan program terdiri dari penyaluran bantuan ke masyarakat dan monitoring program. Laporanpertanggungjawaban dibuat sebagai bentuk tanggungjawab atas dilaksanakan program. Pelaksanaan program selama ini sudah berjalan cukup baik, didukung dengan tingkat keaktifan dari Pemerintah Desa serta pelaksanaan program dengan menggunakan Aplikasi SIMPERUM yang menambah tingkat transparansi program.Aspek pendorong pelaksanaan program yaitu arahan atasan dijalankan baik, ketercukupan sarana prasarana dan sumber daya manusia (tukang), komitmen dari pelaksana program, koordinasi antar instansi pemerintah telah terjalin, dan prosedur pengurusan menggunakan aplikasi Sistem Informasi Perumahan. Aspek penghambat antara lain kurangnya pemahaman masyarakat,ketersediaan anggaran dan sumber daya manusia (pegawai) terbatas, serta kualitas sumber daya manusia (tukang) rendah. Saran yang diberikan dalam penelitian ini yaitu perubahan fungsi dan kegunaan bantuan, penetapan tanggal pelaksanaan ditentukan dengan baik, pengurangan pajak yang dibebankan ke masyarakat, penambahan jumlah penerima program, diperlukan rasionalisasi pegawai, serta peningkatan alokasi anggaran oleh lembaga legislatif.

Kata Kunci : Impelementasi, Kesejahteraan Sosial Masyarkat, Program Perbaikan Rumah Tidak Layak Huni

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 30 Dec 2022 07:33
Last Modified: 30 Dec 2022 07:33
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10783

Actions (login required)

View Item View Item