Search for collections on Undip Repository

ANALISIS INOVASI AJI WELAS(AKTA JADI JIKA MASUK PERMOHONAN SEBELUM JAM SEWELAS) DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN SEMARANG/33/ADM.PUBLIK/2021

ISLAMIYATI, DIAN NUR and Maesaroh, Maesaroh and Widowati, Nina (2021) ANALISIS INOVASI AJI WELAS(AKTA JADI JIKA MASUK PERMOHONAN SEBELUM JAM SEWELAS) DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN SEMARANG/33/ADM.PUBLIK/2021. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
COVER.pdf - Published Version

Download (442kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Published Version

Download (287kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (856kB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (407kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (950kB)

Abstract

Kabupaten Semarang memiliki jumlah penduduk yang cukup tinggi. Pertambahan jumlah penduduk ini mempengaruhi tingginya permintaan pelayanan administrasi kependudukan salah satunya akta kelahiran. Lamanya proses penerbitan akta kelahiran mengakibatkan masyarakat malas untuk mengurus sendiri dan lebih memilih calo. Hal tersebut mengakibatkan banyaknya masyarakat yang tidak memiliki akta kelahiran. Inovasi Aji Welas diciptakan untuk melengkapi inovasi sebelumnya dengan pelayanan penerbitan akta kelahiran yang lebih cepat yaitu satu hari jadi dan memperluas cakupan kepemilikan akta kelahiran di Kabupaten Semarang. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis atrbut inovasi dan faktor-faktor yang menjadi pendorong dan penghambat inovasi. Penelitian ini menggunakan meteode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teori dalam peneliian ini menggunakan teori dari Rogers, sedangkan faktor pendorong dan penghambat dari Albury untuk mengetahui karakteristik dan pelaksanaan dari inovasi Aji Welas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi Aji Welas memiliki 1) keuntungan relatif, 2) kesesuaian, 3)kemungkinan dicoba, 4)kemudahan diamati, 5) kerumitan. Dalam pelaksanaannya inovasi Aji Welas memiliki faktor pendukung, yaitu sumber daya manusia yang memadai, dan juga sarana prasarana yang mendukung. Selain itu dalam pelaksanaannya juga terdapat faktor penghambat, yaitutidak dianggarkan untuk pelaksanaan sosialisasi, terkendala jaringan yang sering error atau trouble, masih banyak masyarakat yang tidak lengkap dokumen persyaratan saat melakukan permohonan, dan beberapa petugas pelaksana inovasi Aji Welas yang merangkap tugas. Saran yang diberikan peneliti yaitu, perlu mengajukan anggaran untuk sosialisasi, menambah kekuatan jaringan atau wifi, menggencarkan publikasi inovasi secara kreatif, dan melakukan perekrutan PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja).

Kata Kunci : Inovasi, Pelayanan Publik, Administrasi Kependudukan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 30 Dec 2022 04:07
Last Modified: 30 Dec 2022 04:07
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10771

Actions (login required)

View Item View Item