Mawarni, Indah Dwi and Hanani, Retna (2021) Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter di SMK Negeri 7 Semarang/32/ADM.PUBLIK/2021. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.
Text
COVER.pdf - Published Version Download (530kB) |
|
Text
BAB I.pdf - Published Version Download (481kB) |
|
Text
BAB II.pdf - Published Version Download (359kB) |
|
Text
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (381kB) |
|
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (241kB) |
|
Text
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (201kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (148kB) |
Abstract
ABSTRAK
Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) merupakan gerakan pendidikan di bawah tanggungjawab satuan pendidikan guna menanamkan pendidikan moral terhadap pelajar agar tidak terjadi degradasi moral terhadap siswa SMK Negeri 7 Semarang. Penenaman nilai karakter dilakukan oleh pihak sekolah, tenaga pendidikan, dan pemerintah untuk meminimalisir kenakalan remaja. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami implementasi kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter di SMK Negeri 7 Semarang dan menganalisisnya berdasarkan teori implementasi kebijakan dari Grindle. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara semistruktur dan dokumentasi (data sekunder). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi PPK di SMK Negeri 7 Semarang sudah dilaksanakan sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter serta Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 20 Tahun 2018 tentang Penguatan Pendidikan Karakter Pada Satuan Pendidikan Formal yakni dengan adanya nilai-nilai utama yang ditanamkan dalam implementasi PPK di SMK Negeri 7 Semarang berupa nilai religius, nasionalis, integritas, mandiri, dan gotong-royong. Adapun implementasi PPK di SMK Negeri 7 Semarang berkaitan dengan faktor-faktor yang mempengarui menurut Teori Grindle diketemukan bahwa keberhasilan implementasi yang terdiri dari Content of Policy dan Context of Policy dalam tiap-tiap indikatornya berpengaruh positif.
Kata Kunci : Implementasi, Penguatan Pendidikan Karakter, SMK Negeri 7 Semarang
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration |
Depositing User: | diana nirwani |
Date Deposited: | 30 Dec 2022 03:38 |
Last Modified: | 30 Dec 2022 03:38 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10769 |
Actions (login required)
View Item |