Search for collections on Undip Repository

ANALISIS IMPLEMENTASI PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) BIDANG PENDIDIKAN DI KECAMATAN TEGAL TIMUR, KOTA TEGAL/29/ADM.PUBLIK/2021

Diastuti, Juning and Santoso, Slamet and Hanani, Retna (2021) ANALISIS IMPLEMENTASI PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) BIDANG PENDIDIKAN DI KECAMATAN TEGAL TIMUR, KOTA TEGAL/29/ADM.PUBLIK/2021. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
Cover.pdf - Published Version

Download (399kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (908kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (267kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (633kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (144kB)
[img] Text
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Program Keluarga Harapan (PKH) adalah program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada keluarga miskin (KM) yang ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat. PKH bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup Keluarga Penerima Manfaat (KPM) melalui akses layanan pendidikan, kesehatan, dan kesejahteraan sosial. Dalam implementasi kebijakan terdapat faktor penentu keberhasilan implementasi kebijakan. Faktor tersebut adalah sumber daya dan kepatuhan kelompok sasaran. Sumber daya dan kepatuhan kelompok sasaran yang baik dapat mendukung keberhasilan implementasi kebijakan program. Penelitian ini bertujuan mengetahui besaran hubungan sumber daya dan kepatuhan kelompok sasaran dalam implementasi PKH. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan kuesioner. Responden dalam penelitian ini sebanyak 95 KPM PKH bidang pendidikan di Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan korelasi kendall tau, koefisien konkordansi kendall (W), dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi positif dan signifikan antara variabel sumber daya dan kepatuhan kelompok sasaran dengan implementasi PKH. Hal ini memiliki arti bahwa apabila sumber daya ditingkatkan maka akan menghasilkan implementasi PKH yang semakin meningkat. Sumber daya berkorelasi positif dengan implementasi PKH sebesar 38,2%. Kepatuhan kelompok sasaran berkorelasi positif dengan implementasi PKH sebesar 11,8%. Sumber daya dan kepatuhan kelompok sasaran secara bersama-sama memiliki korelasi yang signifikan dengan implementasi PKH sebesar 37,6% sementara sisanya 62,4% dijelaskan variabel-variabel lain yang tidak ada di dalam penelitian ini. Oleh karena itu, sangat diperlukan penelitian lebih lanjut yaitu dengan menggunakan variabel komunikasi dan disposisi pelaksana program.

kata kunci: sumber daya, kepatuhan kelompok sasaran, implementasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 30 Dec 2022 03:15
Last Modified: 30 Dec 2022 03:15
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10764

Actions (login required)

View Item View Item