Search for collections on Undip Repository

ANALISIS PERAN STAKEHOLDERS DALAM PENGELOLAAN BUMDES DI KABUPATEN SEMARANG (STUDI KASUS BUMDES MITRA SEJAHTERA DESA MENDONGAN KECAMATAN SUMOWONO)/18/ADM.PUBLIK/2021

Nurfakhirah, Anggie Ayuni and Santoso, Slamet and Hanani, Retna (2021) ANALISIS PERAN STAKEHOLDERS DALAM PENGELOLAAN BUMDES DI KABUPATEN SEMARANG (STUDI KASUS BUMDES MITRA SEJAHTERA DESA MENDONGAN KECAMATAN SUMOWONO)/18/ADM.PUBLIK/2021. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
COVER.pdf - Published Version

Download (413kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (637kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (641kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (347kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (390kB)
[img] Text
LAMPIRAN PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (687kB)

Abstract

Peran stakeholders merupakan salah satu hal yang penting dalam mencapai keberhasilan kebijakan. Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sebagai badan usaha yang menjadi wadah bagi pemerintah desa untuk membangun perekonomian desa membutuhkan partisipasi dan keterlibatan stakeholder dalam melakukan pengelolaan setiap unit usaha. Desa Mendongan merupakan salah satu desa yang memerlukan perhatian dalam pengelolaannya karena kurangnya dukungan dan kontribusi dari stakeholder terkait. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peran stakeholders dengan cara melakukan stakeholders mapping dalam pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Mitra Sejahtera Desa Mendongan, Kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa terdapat peran stakeholders yang dikelompokkan menjadi empat, yakni policy creator, koordinator, fasilitator, dan implementor. Hasil analisis peran menunjukkan bahwa pelaksanaan prinsip kooperasi, partisipasi, independensi, kewajaran dan kesetaraan masih kurang baik. Hasil stakeholders mapping dengan menggunakan Value Orientation Mapping menunjukkan bahwa stakeholders yang terlibat, yakni Pemerintah Desa Mendongan, Manager / Kepala BUMDes Mitra Sejahtera Desa Mendongan, masyarakat Desa Mendongan beserta staf Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Semarang, Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Tengah dan Pemerintah Daerah Kabupaten Semarang.
Kata Kunci : Peran Stakeholders, Stakeholders Mapping, BUMDes

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 30 Dec 2022 01:56
Last Modified: 30 Dec 2022 01:56
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10749

Actions (login required)

View Item View Item