Search for collections on Undip Repository

ANALISIS IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGELOLAAN DANA DESA DI DESA MLUWEH, KECAMATAN UNGARAN TIMUR, KABUPATEN SEMARANG/17/ADM.PUBLIK/2021

Najikhah, Alfin and Santoso, Slamet and Hanani, Retna (2021) ANALISIS IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGELOLAAN DANA DESA DI DESA MLUWEH, KECAMATAN UNGARAN TIMUR, KABUPATEN SEMARANG/17/ADM.PUBLIK/2021. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
COVER..pdf - Published Version

Download (410kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (537kB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Published Version

Download (289kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (419kB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)
[img] Text
BAB 5.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (161kB)

Abstract

Dana desa merupakan dana yang dianggarkan dari APBN dan diperuntukkan bagi desa yang ditransfer melalui APBD dengan tujuan meningkatkan SDG’s dan meningkatkan pembangunan fisik serta pembangunan non fisik. Kebijakan pengelolaan dana desa tercantum dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 20 Tahun 2018. Kebijakan pengelolaan dana desa terdiri dari lima tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan dan pertanggungjawaban.Kabupaten Semarang menerima kucuran dana desa yang meningkat cukup signifikan setiap tahunnya, penyerapan dana desa di Kabupaten Semarang kebanyakan untuk infrastruktur. Desa Mluweh merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Ungaran Timur, Desa Mluweh masih membutuhkan perhatian dalam implementasi kebijakan pengelolaan dana desa karena terdapat kendala pada perencanaan, pelaksanaan, pelaporan dan pertanggungjawaban pengelolaan dana desa dan lain sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi kebijakan pengelolaan dana desa dan faktor penghambat implementasi kebijakan pengelolaan dana desa di Desa Mluweh, Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian ini adalah perencanaan, pelaksanaan, pelaporan dan pertanggungjawaban pengelolaan dana desa di Desa Mluweh memiliki permasalahan. Sedangkan dari segi faktor penghambat, terdapat 3 faktor penghambat pengelolaan dana desa di Desa Mluweh yaitu mudah tidaknya masalah dikendalikan atau karakteristik masalah, karakteristik kebijakan, dan variabel lingkungan.
Kata Kunci : ImplementasiKebijakan, Dana Desa, Kabupaten Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 30 Dec 2022 01:48
Last Modified: 30 Dec 2022 01:48
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10747

Actions (login required)

View Item View Item