Search for collections on Undip Repository

COLLABORATIVE GOVERNANCE DALAM PENANGGULANGAN STUNTINGDI DESA KALIRANDU KECAMATAN PETARUKAN KABUPATEN PEMALANG\14\ADM.PUBLIK\2021

Putri, Evalia Nuranita and Nurcahyanto, Herbasuki (2021) COLLABORATIVE GOVERNANCE DALAM PENANGGULANGAN STUNTINGDI DESA KALIRANDU KECAMATAN PETARUKAN KABUPATEN PEMALANG\14\ADM.PUBLIK\2021. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
COVER.pdf - Published Version

Download (261kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (556kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (713kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (387kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (111kB)

Abstract

Stuntingmerupakan salah satuisu nasional dimana penanggulangannya masih terus dilakukan hingga saat ini. Permasalahanstuntingmerupakanmasalahjangkapanjang yang berdampak pada masa depanbangsa dan menjadi beban negara, DesaKalirandumerupakan salah satudesa yang memiliki angka stunting yang tinggi dan termasuk dalam desa lokus stunting. Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan mendeskripsikan kolaborasi yang dibangun dalam penanggulangan stunting di Desa Kalirandu serta mengetahui faktor pendorong dan penghambat yang memengaruhi kolaborasi. Penelitianinimenggunakanmetodepenelitiankualitatifdeskriptifdengantujuhinformansebagaisubjekpenelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kolaborasi yang berjalan cukup efektif dengan melihat fenomena dialog tatap muka, membangun kepercayaan, komitmen terhadap proses, pemahaman bersama dan hasil sementara. Namun, masih terdapat beberapa faktor penghambat yang berhubungan dengan sumber daya manusia yaitu partisipasi masyarakat melalui kader stunting yang masih rendah, dominasi bidang kesehatan dalam penanganan stunting di Desa Kalirandu, rendahnya komitmen kepala desa dan masalah pengunggahan data. Faktor pendorong dalam kolaborasi ini adalah sumberdaya keuangan, ketergantungan para aktor, sejarah kerjasama, kejelasan aturan dasar, transparansi dalam kolaborasi.

Kata Kunci: Collaborative Governance, Stunting, Isu Nasional, Governance

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 29 Dec 2022 07:24
Last Modified: 29 Dec 2022 07:24
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10724

Actions (login required)

View Item View Item