Search for collections on Undip Repository

Peran Pemerintah Kabupaten Jepara dalam Pemberdayaan Pelaku Usaha Industri Kecil Menengah Mebel dan Seni Ukir Kayu\02\ADM.PUBLIK/2021

Fatikah, Avilenda Putri and Hidayat, Zainal (2021) Peran Pemerintah Kabupaten Jepara dalam Pemberdayaan Pelaku Usaha Industri Kecil Menengah Mebel dan Seni Ukir Kayu\02\ADM.PUBLIK/2021. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
Halaman-Awal-Skripsi.pdf - Published Version

Download (629kB)
[img] Text
BAB-I-Skripsi.pdf - Published Version

Download (678kB)
[img] Text
BAB-II-Skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (528kB)
[img] Text
BAB-III-Skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (475kB)
[img] Text
BaB-IV-Skripsi.-docx.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img] Text
BAB-V-Skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran2.pdf - Published Version

Download (755kB)

Abstract

Penelitian ini untuk mendiskripsikan peran pemerintah daerah dan permbardayaan pelaku usaha Industri Kecil Menengah dalam upaya pengembangan Mebel dan Kerajinan Ukir Kayu di kabupaten Jepara. Latar belakang dari permasalahan penelitian ini yaitu IKM mebel dan kerajinan ukir kayu diKabupaten Jepara merupakan salah suatu IKM dengan ikon budayanya dan produksi tertinggi mencapai kepasar ekspor dengan angka hampir mencapai 200 juta USD pertahun ke berbagi negera dunia pada masanya. Namun jika dibandingkan dengan tahun 2010 hingan tahun saat ini IKM ini mengalami penurunan. Oleh sebab itu, peneliti ingin mengetahui bagaimana peran Pemerintah daerah dan pemberdayaan pelaku usaha IKM dalam pengembangan Mebel dan Kerajinan Ukir Kayu diKabupaten Jepara
Teori yang digunakan untuk menjawab rumusan masalah yang pertama mengenai peran Pemerintah daerah menggunakan teori Gede Diva (2009) yang membagi peran pemerintah ada tiga, yaitu peran pemerintah sebagai fasilitator, regulator, dan katalisator. Pemberdayaan pelaku IKM menggunakan indikator-indikator dari Sunyoto Usman yang terdiri dari bantuan dana,pembangunann prasarana,sarana pemasaran,pelatihan social,penguatan kelembagaan.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif tipe deskriptif. Teknik penenemuan informasi menggunakan purposive sampling. Sedangkan teknik pengumpulan data dilaksanakan dilaksanakan melalui hasil wawancara,observasi,dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa peran pemerintah dalam pemberdayaan pelaku IKM Industri Kecil Menengah Mebel dan Seni Ukir Kayu diKabupaten Jepara yang diwakili oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Jepara mereka sudah menjalankan perannya sebagai fasilattor,regulator, katalisator dalam pelaksanaanya sesuai dengan indikator-indikator yang ada. Bisa dikatakan Pemerintah sudah berupaya sebaik dan seoptimal mungkin dan siap memfasilitasi, namun dalam hal ini yang ditemukan masalah dari pelaku usaha IKM sendiri. Karena masih belum terjadi komunikasi yang baik antara dinas terkait dengan pelaku usaha IKM, ditambah dengan peran,respon,kedisiplinan dari pelaku usaha IKM yang masih kurang baik dalam menyambut upaya-upaya yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Jepara.
Keywords : IKM, teori peran,indikator pemberdayaan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 29 Dec 2022 03:53
Last Modified: 29 Dec 2022 03:53
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10702

Actions (login required)

View Item View Item