Search for collections on Undip Repository

PENGARUH KEMAMPUAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DAN PERAN GURU TERHADAP PRESTASI PESERTA DIDIK DI SMPN 35 DAN SMPN 44 DI KECAMATAN MIJEN KOTA SEMARANG/103/ADM.PUBLIK/2020

Siregar, Yolanda Fricillia and Sulandari, Susi and Hariani, Dyah (2020) PENGARUH KEMAMPUAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DAN PERAN GURU TERHADAP PRESTASI PESERTA DIDIK DI SMPN 35 DAN SMPN 44 DI KECAMATAN MIJEN KOTA SEMARANG/103/ADM.PUBLIK/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
Cover.pdf - Published Version

Download (804kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (451kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (431kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (571kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (107kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) deskripsi prestasi peserta didik, kemampuan manajerial kepala sekolah dan peran guru; (2) besarnya pengaruh kemampuan manajerial kepala sekolah terhadap prestasi peserta didik; (3) besarnya pengaruh peran guru terhadap prestasi peserta didik; dan (4) besarnya pengaruh kemampuan manajerial dan peran guru terhadap prestasi peserta didik di SMPN Kecamatan Mijen Kota Semarang.Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif explanatory. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik di SMPN 35 dan SMPN 44 Kota Semarang, dengan jumlah sampel sebanyak 74 orang. Teknik analisis data untuk mengetahui kemampuan manajerial kepala sekolah, peran guru dan prestasi peserta didik digunakan analisis statistik deskriptif dan untuk mengetahui besarnya pengaruh dari variabel kemampuan manajerial kepala sekolah dan peran guru terhadap prestasi peserta didik diolah menggunakan teknik analisis korelasi kendall tau dengan bantuan SPSS IBM 23.Hasil penelitian ini menunjukkan sebagai berikut: (1) Prestasi peserta didik dalam kategori Kurang Baik dengan nilai sebesar 2,41, kemampuan manajerial kepala sekolah dalam kategori Sangat Baik dengan nilai sebesar 3,52 dan peran guru dalam kategori Baik dengan nilai sebesar 2,66; (2) Kemampuan manajerial memiliki korelasi terhadap prestasi peserta didik sebesar 0,265 (3) Peran guru memiliki korelasi terhadap prestasi peserta didik sebesar 0,390 dan (4) Kemampuan manajerial kepala sekolah dan peran guru secara bersama-sama memiliki korelasi terhadap prestasi peserta didik sebesar 0,718.

Key Words: Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah, Peran Guru, Prestasi Siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 29 Dec 2022 02:36
Last Modified: 29 Dec 2022 02:36
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10689

Actions (login required)

View Item View Item