Search for collections on Undip Repository

Pelayanan SIDEKEM kepada Kelompok Pengguna Lanjut Usia di Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang/97/ADM.PUBLIK/2020

Afifa, Sonya Dea and Djumiarti, Titik (2020) Pelayanan SIDEKEM kepada Kelompok Pengguna Lanjut Usia di Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang/97/ADM.PUBLIK/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[thumbnail of Cover - Skripsi Sonya Dea Afifa.pdf] Text
Cover - Skripsi Sonya Dea Afifa.pdf - Published Version

Download (614kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (828kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (563kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (857kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (357kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (270kB)

Abstract

SIDEKEM merupakan sebuah inovasi pelayanan publik berbasis teknologi yang dikembangkan oleh Pusat Informatika dan Desa (PUSPINDES) Kabupaten Pemalang dan dapat diakses oleh seluruh lapisan masyarakat termasuk lanjut usia, namun pada pelaksanaannya lanjut usia masih kesulitan untuk mengakses SIDEKEM karena berbagai hambatan yang mereka hadapi. Penelitian ini berusaha untuk menganalisis bagaimana pelayanan SIDEKEM kepada kelompok pengguna lanjut usia di Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang serta untuk mengidentifikasi upaya Pemerintah Kabupaten Pemalang dalam menghadapi hambatan-hambatan yang dialami oleh kelompok pengguna lanjut usia dalam pelayanan SIDEKEM. Penelitian ini merupakan desain penelitian deskriptif kualitatif serta menggunakan teknik purposive sampling dalam pemilihan informan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan pelayanan SIDEKEM kepada kelompok pengguna lanjut usia belum cukup optimal. Masih terdapat beberapa aspek pelayanan yang kurang baik diantaranya mengenai bukti fisik pelayaan, kehandalan petugas pelayanan, ketanggapan petugas pelayanan, serta kepastan mengenai pelayanan. Upaya Pemerintah Kabupaten Pemalang dalam menghadapi hambatan-hambatan yang dialami oleh kelompok pengguna lanjut usia dalam pelayanan SIDEKEM dilakukan melalui pendampingan pelayanan kepada kelompok pengguna lanjut usia serta melalui program literasi digital.

Kata kunci: Pelayanan Publik, SIDEKEM, Lanjut Usia

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 28 Dec 2022 07:48
Last Modified: 28 Dec 2022 07:48
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10666

Actions (login required)

View Item View Item