Search for collections on Undip Repository

Studi Pengukuran Place Branding terhadap Peningkatan Kunjungan Wisata Grand Maerakaca Di Jawa Tengah /90/ADM.PUBLIK/2020

Wulandari, Rosita and Rahman, Amni Zarkasyi (2020) Studi Pengukuran Place Branding terhadap Peningkatan Kunjungan Wisata Grand Maerakaca Di Jawa Tengah /90/ADM.PUBLIK/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
Cover.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Published Version

Download (894kB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Published Version

Download (397kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (546kB)
[img] Text
BAB 5.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (311kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (413kB)

Abstract

Marketing sering disamakan dengan branding, namun sesungguhnya marketing dan
branding adalah dua kosep yang berbeda meskipun keduanya memiliki keterkaitan
yang erat. Branding adalah usaha yang dilakukan untuk membentuk dan
mengkomunikasikan kepada masyarakat tentang identitas dan karakter brand tersebut.
Branding tidak hanya dilakukan terhadap produk atau jasa, tetapi juga dilakukan pada
korporat, event, seseorang (personal branding), dan juga suatu tempat. Proses branding
merupakan paradigma baru terkait bagaimana tempat harus dikelola dimasa yang akan
datang. Branding wisata adalah satu bagian dari place branding yang seringkali
dibahas seiring meningkatnya kesadaran masyarakat akan kebutuhan pariwisata.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas branding dalam meningkatkan
kunjungan wisata di Grand Maerakaca. Metode penelitian ini adalah penelitian
deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner dan
wawancara. Metode pengumpulan data menggunan alat statistik berupa kuesioner
untuk memudahkan peneliti dalam proses pengumpulan data mengingat pelaksanaan
penelitian dilakukan pada saat terjadinya pandemi covid-19. Subyek penelitian diambil
sebanyak 100 orang dihitung berdasarkan rumus slovin sesuai jumlah pengunjung
tahun 2018. Sumber data yang digunakan yaitu data primer berupa kuesioner dan data
internal PT.PRPP sedangkan data sekunder berupa Peraturan perundang – undangan
mengenai pariwisata, Permen PAN RB, dan data Dinas Kepemudaan Olahraga dan
Pariwisata Provinsi Jawa Tengah. Metode analisisnya menggunakan nilai Survei
Kepuasan Masyarakat sesuai Permen PAN RB Nomor 14 tahun 2017 dengan kerangka
evaluasi efektivitas place branding yang disebut City Brand Hexagon.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa place branding di Grand Maerakaca berjalan
dengan baik, hal tersebut karena Grand Maerakaca memiliki daya tarik yang besar
untuk kunjungi masyarakat. Meskipun begitu, ditemukan permasalahan pada indikator
The People yang berkaitan dengan hal keterbukaan, keramahan karyawan. Disarankan
untuk membuat Standar Operasional Prosedur dalam memberikan pelayanan serta
evaluasi kinerja secara berkala.

Kata kunci : Place Branding, City Brand Hexagon

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 28 Dec 2022 03:28
Last Modified: 28 Dec 2022 03:28
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10655

Actions (login required)

View Item View Item