Search for collections on Undip Repository

ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DI PERPUSTAKAAN UMUM KABUPATEN BOYOLALI / 80/ADM.PUBLIK/2020

Rachma, Naning Choiri Nisa and Nurcahyanto, Herbasuki (2020) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DI PERPUSTAKAAN UMUM KABUPATEN BOYOLALI / 80/ADM.PUBLIK/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
1. Cover.pdf - Published Version

Download (803kB)
[img] Text
2. BAB 1.pdf - Published Version

Download (520kB)
[img] Text
3. BAB 2.pdf - Published Version

Download (130kB)
[img] Text
4. BAB 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (361kB)
[img] Text
5. BAB 4.pdf - Published Version

Download (43kB)
[img] Text
6. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (97kB)

Abstract

Istilah administration for public mengandung arti bahwa pemerintah sebagai penyelenggara pelayanan publik mempunyai tugas untuk menyelenggarakan pelayanan publik sesuai dengan keinginan masyarakat. Pemerintah Daerah Kabupaten Boyolali menyelenggarakan berbagai pelayanan, salah satunya, yaitu Perpustakaan Umum Kabupaten Boyolali yang bergerak di bidang pelayanan jasa informasi. Perpustakaan umum sebagai salah satu pelayanan jasa informasi yang disediakan dan dapat dinikmati untuk seluruh lapisan masyarakat, dengan adanya perpustakaan umum dapat menjembatani antara mahalnya harga buku dan kebutuhan informasi masyarakat yang terus meningkat. Peran perpustakaan umum dalam meningkatkan pengetahuan pengunjung akan tercapai apabila perpustakaan dapat memberikan pelayanan yang baik serta berkualitas kepada pengunjung perpustakaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kualitas pelayanan yang ada di Perpustakaan Umum Kabupaten Boyolali dan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan di Perpustakaan Umum Kabupaten Boyolali. Penelitian ini menggunakan teori Zeithaml dan Satoh et al yang terdiri dari dimensiTangible, Reliable, Responsiveness, Assurance, Empathy, dan Collection and Access, faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan menggunakan teori dari Moenir dan Thoha yang terdiri dari faktor sarana pelayanan dan faktor sistem, GAP Model, dan Importance Performance Analysis (IPA). Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh pengunjung Perpustakaan Umum Kabupaten Boyolali dengan menggunakan teknik sampling incidental sebanyak 92 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keseluruhan pelayanan di Perpustakaan Umum Kabupaten Boyolali memiliki rata-rata tingkat kinerja sebesar 2,76 dan rata-rata tingkat kepentingan sebesar 3,62 berarti pelayanan dapat dikatakan baik.
Kata Kunci : Kualitas, Pelayanan, Perpustakaan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 27 Dec 2022 06:36
Last Modified: 27 Dec 2022 06:36
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10632

Actions (login required)

View Item View Item