Search for collections on Undip Repository

MANAJEMEN KINERJA SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN WONOSOBO TERKAIT SISTEM AKUNTABILITAS KINERJA INSTANSI PEMERINTAH (SAKIP) /71/ADM.PUBLIK/2020

Danitasari, Mega Adila and Larasati, Endang (2020) MANAJEMEN KINERJA SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN WONOSOBO TERKAIT SISTEM AKUNTABILITAS KINERJA INSTANSI PEMERINTAH (SAKIP) /71/ADM.PUBLIK/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
COVER.pdf - Published Version

Download (483kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Published Version

Download (566kB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Published Version

Download (141kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (312kB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (304kB)
[img] Text
BAB 5.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (212kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (94kB)

Abstract

Manajemen kinerja diadaptasi oleh organisasi publik menjadi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah dengan dasar hukum Peraturan Presiden nomer 29 Tahun 2014. Penyelenggaraan SAKIP mencangkup proses atau siklus yang sistematis dan berkesinambungan yang digunakan sebagai bentuk pertanggungjawaban dan peningkatan kinerja instansi pemerintah. Penyelenggaraan SAKIP di Sekretariat Daerah Kabupaten Wonosobo pada tahun 2017 memperoleh nilai 56.18 dengan predikat CC (cukup) dan pada tahun 2018 memperoleh nilai 62.70 dengan predikat B (baik). Hal ini menunjukan adanya perbaikan kinerja antara tahun 2017 ke 2018 namun belum maksimal. Oleh karenanya, diperlukan analisis mendalam penyelenggaraan SAKIP di Sekretariat Daerah Kabupaten untuk mempercepat mencapai predikat AA (sangat memuaskan) sehingga pelayanan publik yang diberikan dapat prima dan kesejahteraan masyarakat terjamin. Teori yang digunakan yaitu teori administrasi publik, manajemen, manajemen publik, kinerja, manajemen kinerja khususnya siklus manajemen kinerja milik Amstrong dan Baron. Sehubungan dengan hal tersebut, penelitian ini melihat fenomena penelitian dari sudut pandang fungsi-fungsi manajemen yang dikaitkan dengan siklus atau urutan manajemen kinerja dalam penyelenggaraan SAKIP. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan penyelenggaraan SAKIP di Sekretariat Daerah Kabupaten Wonosobo sudah sesuai dengan ketentuan, namun perencanaan yang kurang matang. Pengorganisasi yang dilakukan melalui koordinasi belum dilakukan secara optimal. Aktuasi yang dilakukan sudah sesuai dengan ketentuan dan kebutuhan di Sekretariat Daerah. Pelaksanaan umpan balik dari pengawasan belum optimal.

Kata Kunci: Kinerja, Manajemen Kinerja, Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 27 Dec 2022 02:05
Last Modified: 27 Dec 2022 02:05
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10607

Actions (login required)

View Item View Item