Gilby, Maulvi Ahmad and Yuniningsih, Tri and Dwimawanti, Ida Hayu (2020) PASAR SEMARANGAN TINJOMOYO SEBAGAI BENTUK INOVASI PENGEMBANGAN PARIWISATA HUTAN WISATA TINJOMOYO DI KOTA SEMARANG /70/ADM.PUBLIK/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.
Text
1. Cover.pdf - Published Version Download (416kB) |
|
Text
2. BAB I.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text
3. BAB II.pdf - Published Version Download (771kB) |
|
Text
4. BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (261kB) |
|
Text
5. BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (149kB) |
|
Text
6. BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (39kB) |
|
Text
7. Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (39kB) |
Abstract
Pasar Semarangan Tinjomoyo merupakansebuah inovasi berbentuk pasar kuliner digital untuk mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan Hutan Wisata Tinjomoyo di Kota Semarang.Sebenarnya, Pasar Semarangan Tinjomoyo sebagai sebuah inovasi dapat dikatakan berhasil. Pada tahun 2018, Pasar digital ini berhasil meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan Hutan Wisata Tinjomoyo sebesar 82,25%. Namun pada tahun 2019, Pasar Semarangan Tinjomoyo sepi pengunjung, hingga akhirnya pasar digital tersebut tidak beroperasi kembali. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis karakteristik Pasar Semarangan Tinjomoyo menggunakan konsep lima atribut inovasisertamengidentifikasi faktor-faktor penghambatnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif. Data dikumpulkanmelalui observasi,wawancara, dan dokumentasi. Informan ditentukan menggunakan teknik snowball.Data dianalisismenggunakan teknik analisis komponensial.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pasar Semarangan Tinjomoyo sebagai sebuah inovasi sudah memiliki Keuntungan Relatif dan Kemudahan untuk Diamati, akan tetapi masih belum Kompatibel serta memiliki Kerumitan ketika beroperasi, ditambah Pasar Semarangan Tinjomoyo belum melewati fase uji coba sebelumnya. Faktor penghambatnya adalah ketergantungan pada figurhigh performerserta tidak adanya anggaran danperencanan jangka pendek. Saran yang dapat disampaikan adalah perlu adanya opsi pembayaran digital lain di Pasar Semarangan Tinjomoyo, membuat perencanaan dan anggaran khusus bagi Pasar Semarangan Tinjomoyo, serta membentuk tim khusus bagi pengembangan Pasar Semarangan Tinjomoyo.
Kata kunci : Inovasi, Pengembangan, Pariwisata, Pasar digital
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration |
Depositing User: | diana nirwani |
Date Deposited: | 27 Dec 2022 02:00 |
Last Modified: | 27 Dec 2022 02:00 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10606 |
Actions (login required)
View Item |