Search for collections on Undip Repository

PENGARUH PEMBERIAN VIDEO EDUKASI TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN MAHASISWA TENTANG DEMENSIA : Studi pada Mahasiswa Semester 2 Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro Semarang

Larasati, Fitri Kinanti and Wati, Arinta Puspita and Santoso, Santoso (2022) PENGARUH PEMBERIAN VIDEO EDUKASI TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN MAHASISWA TENTANG DEMENSIA : Studi pada Mahasiswa Semester 2 Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro Semarang. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[thumbnail of COVER] Text (COVER)
FITRI KINANTI LARASATI-22010118130164-KTI-COVER.pdf

Download (253kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
FITRI KINANTI LARASATI-22010118130164-KTI-BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
FITRI KINANTI LARASATI-22010118130164-KTI-BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
FITRI KINANTI LARASATI-22010118130164-KTI-BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
FITRI KINANTI LARASATI-22010118130164-KTI-BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (43kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
FITRI KINANTI LARASATI-22010118130164-KTI-BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 6] Text (BAB 6)
FITRI KINANTI LARASATI-22010118130164-KTI-BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6kB) | Request a copy
[thumbnail of DAPUS-LAMPIRAN] Text (DAPUS-LAMPIRAN)
FITRI KINANTI LARASATI-22010118130164-KTI-DAPUS-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (742kB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang: Demensia merupakan kondisi yang sering dijumpai pada lanjut usia. Demensia adalah gangguan yang ditandai dengan penurunan kognitif yang mempengaruhi fungsi memori dan setidaknya satu dari beberapa faktor, termasuk kepribadian, praksis, pemikiran abstrak, bahasa, fungsi eksekutif, perhatian kompleks, keterampilan sosial dan visuospasial. Seiring meningkatnya jumlah lansia dengan demensia diperlukan peningkatan pengetahuan mahasiswa kedokteran sebagai calon profesional kesehatan tentang demensia agar dapat memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik untuk orang dengan demensia. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian video edukasi terhadap tingkat pengetahuan tentang demensia pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental yang melibatkan 70 mahasiswa kedokteran berusia 18–22 tahun yang menjawab kuesioner berisi sepuluh pertanyaan pengetahuan tentang demensia sebelum dan sesudah diberikan video edukasi. Hasil: Sebagian besar responden pernah memperoleh informasi tentang kesehatan orang lanjut usia maupun demensia dan sumber informasi utama responden berasal dari media elektronik. Pada pretest didapatkan sebanyak 84,3% responden memiliki pengetahuan tentang demensia dengan kategori baik. Setelah intervensi, pada post-test didapatkan peningkatan yang signifikan (p-value < 0,05) pengetahuan dengan kategori baik menjadi 95,7%. Media pembelajaran dalam bentuk video dapat memperjelas penyajian informasi dan menjadi instrumen pembelajaran yang sangat efektif. Bahan ajar berupa video merupakan media yang baik untuk meningkatkan motivasi dan pengetahuan mahasiswa. Kesimpulan: Terdapat pengaruh signifikan pemberian video edukasi terhadap tingkat pengetahuan tentang demensia pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro. Serta terdapat peningkatan tingkat pengetahuan pada topik kondisi medis, pencegahan, pemeriksaan, dan tata laksana terkait demensia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Tingkat Pengetahuan, Demensia, Mahasiswa Kedokteran, Video Edukasi.
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 27 Dec 2022 01:30
Last Modified: 27 Dec 2022 01:30
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10591

Actions (login required)

View Item View Item