Search for collections on Undip Repository

MANAJEMEM PROGRAM PEMBERDAYAAN KAWASAN RUMAH PANGAN LESTARI (KRPL) DI KELOMPOK WANITA TANI (KWT) SUMBER HASIL TUGUREJO, KECAMATAN TUGU KOTA SEMARANG /56/ADM.PUBLIK/2020

Prahasinta, Diyas and Lestari, Hesti (2020) MANAJEMEM PROGRAM PEMBERDAYAAN KAWASAN RUMAH PANGAN LESTARI (KRPL) DI KELOMPOK WANITA TANI (KWT) SUMBER HASIL TUGUREJO, KECAMATAN TUGU KOTA SEMARANG /56/ADM.PUBLIK/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
Cover.pdf - Published Version

Download (374kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Published Version

Download (529kB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (281kB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] Text
BAB 5.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (862kB)

Abstract

Manajemen program pemberdayaan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) di Kelompok Wanita Tani Sumber Hasil adalah suatu konsep rumah pangan yang dibangun dalam suatu kawasan (dusun, desa, kecamatan, dst) dengan prinsip pemanfaatan perkarangan yang ramah lingkungan untuk pemenuhan kebutuhan pangan dan gizi keluarga serta peningkatan pendapatan yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan melalui partisipasi masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen program KRPL dan menganalisis faktor pendukung serta faktor penghambat dalam manajemen program KRPL di Kelompok Wanita Tani Sumber Hasil di Tugurejo kota Semarang. Metode penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penentuan subjek menggunakan teknik penentuan informan dan validitas data menggunakan teknik trianggulasi sumber/ data. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan sudah berjalan dengan baik sesuai dengan tujuan program. 2) Pengorganisasian, pelaksanaan pembagian dan pengelompokkan tugas belum sesuai. 3) Pengarahan, kegiatan pemberian motivasi dan pelaksanaan kegiatan sudah berjalan baik. 4) Pengawasan, perlu dilaksanakan secara berkelanjutan, sehingga dapat diketahui kendala, tindak lanjut program dan masukan dalam pengembangan program, serta pola pengawasan juga dapat berfungsi sebagai analisis dampak yang akan terjadi. Faktor pendorong: mendapat dukungan penuh dari keluarga, tokoh masyarakat, Lurah, dan pemerintah, serta tersedianya potensi dan sumber daya yang mendukung. Faktor penghambat: semangat yang pasang surut dari anggota kelompok, tidak berjalannya kepengurusan organisasi, serta faktor cuaca dan struktur tanah. Rekomendasi: Konsistensi pelaksanaan program pemberdayaan KRPL perlu ditingkatkan dengan cara diberi pelatihan SDM, serta memberikan inovasi baru dalam mengolah hasil pertanian.
Kata kunci: Manajemen Program, Pemberdayaan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 26 Dec 2022 02:13
Last Modified: 26 Dec 2022 02:13
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10549

Actions (login required)

View Item View Item