Kurniawan, Firman and Nugraheni, Arwinda and Wahyudi, Firdaus and Utami, Aras (2022) PENGARUH EDUKASI DENGAN METODE ROLE PLAY TERHADAP SIKAP, PENGETAHUAN, DAN PERILAKU PROTOKOL KESEHATAN COVID-19 PADA SISWA. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.
![]() |
Text (COVER)
Firman Ardhi Kurniawan-22010119120005-TESIS-COVER.pdf Download (236kB) |
![]() |
Text (BAB 1)
Firman Ardhi Kurniawan-22010119120005-TESIS-BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (431kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 2)
Firman Ardhi Kurniawan-22010119120005-TESIS-BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (244kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
Firman Ardhi Kurniawan-22010119120005-TESIS-BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (462kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
Firman Ardhi Kurniawan-22010119120005-TESIS-BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (390kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
Firman Ardhi Kurniawan-22010119120005-TESIS-BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (210kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 6)
Firman Ardhi Kurniawan-22010119120005-TESIS-BAB 6.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Latar Belakang: Penerapan protokol kesehatan COVID-19 masih didapatkan banyak siswa belum memiliki kesadaran terhadap protokol COVID-19. Metode Role Play adalah metode dilakukan dengan memilih beberapa siswa dari kelompok untuk memperagakan peranan tertentu.
Tujuan: Membuktikan pengaruh edukasi dengan Metode Role Play terhadap pengetahuan, sikap dan perilaku protokol kesehatan COVID 19 siswa.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan desain Nonequivalent control group design yaitu desain yang memberikan pretest sebelum dikenakan perlakuan serta pemberian posttest pada masing-masing kelompok. Penelitian dilakukan pada bulan Agustus 2022 di salah satu SD di Kabupaten Semarang. Sampel adalah 80 siswa dengan kriteria tertentu, dibagi secara acak menjadi 2 kelompok. Kelompok I diberi edukasi Protokol Kesehatan COVID-19 dengan metode roleplay, Kelompok II tidak diberi edukasi. Pada minggu pertama dilakukan pretest dan akhir minggu ke 2 dilakukan posttest. Uji statistik menggunakan uji Wilcoxon dan uji Mann-Whitney
Hasil: Didapatkan peningkatan yang signifikan mean pengetahuan, sikap, dan perilaku dari pretest ke posttest (pengetahuan meningkat 22%, sikap 14%, perilaku 24%) pada kelompok perlakuan dengan p-value <0.001. Pada uji Mann-Whitney didapatkan perbedaan yang signifikan pada uji beda selisih kelompok perlakuan dengan nilai p-value <0.001 untuk pengetahuan, sikap, dan perilaku.
Kesimpulan: Terdapat pengaruh yang signifikan antara edukasi dengan metode roleplay dengan tingkat pengetahuan, sikap, dan perilaku Protokol COVID-19 siswa.
Kata Kunci: Roleplay, pengetahuan,sikap, perilaku, Protokol COVID-19
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Roleplay, pengetahuan,sikap, perilaku, Protokol COVID-19 |
Subjects: | Medicine |
Divisions: | Faculty of Medicine > Department of Medicine |
Depositing User: | Upload Mandiri FK |
Date Deposited: | 23 Dec 2022 03:01 |
Last Modified: | 23 Dec 2022 03:01 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10446 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |