Search for collections on Undip Repository

PENGELOLAAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DESA DI DESA KUMENDUNG KECAMATAN REMBANG KABUPATEN REMBANG / 39/ADM.PUBLIK/2020

Syafii, Ahmad and Kismartini, Kismartini (2020) PENGELOLAAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DESA DI DESA KUMENDUNG KECAMATAN REMBANG KABUPATEN REMBANG / 39/ADM.PUBLIK/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
Cover.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
Bab 1.pdf - Published Version

Download (575kB)
[img] Text
Bab 2.pdf - Updated Version

Download (548kB)
[img] Text
Bab 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (254kB)
[img] Text
Bab 5.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (220kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (305kB)

Abstract

Keterlambatan Desa Kumendung dalam mengirim rancangan peraturan desa tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa serta laporan realisasi pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa menjadi latar belakang dalam penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa di Desa Kumendung. Selain itu juga untuk menganalisis faktor pendukung dan penghambat pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa di Desa Kumendung. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan, dan pertanggungjawaban Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa belum sepenuhnya berjalan dengan baik. Utamanya pada kegiatan penatausahaan, pelaporan, dan pertanggungjawaban yang masih sering terjadi keterlambatan. Faktor penghambat pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa ini adalah ketidaktepatan pengawasan oleh Kepala Desa Kumendung,dan tingkat koordinasiantara pemerintah desa dengan lembaga-lembaga desa yang masih rendah. Sedangkan faktor pendukungnya adalahkomunikasi yang baik didalam pemerintah desa dangaya kepemimpinan Kepala Desa Kumendungyang efektif. Rekomendasi yang diberikan adalah perlunya perubahan pusat perhatian dalam pengawasan oleh Kepala Desa Kumendung, peningkatan sistem koordinasi, serta pembinaan dan pendampingan perangkat dan kader desa yang lebih intensif.
Kata kunci: Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa; Pengelolaan; Desa; Pengawasan; Kepemimpinan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 22 Dec 2022 04:37
Last Modified: 22 Dec 2022 04:37
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10394

Actions (login required)

View Item View Item