Kusumawardhani, Adinda and Astuti, Retno Sunu (2020) ANALISIS PENERAPAN TILANG ELEKTRONIK (E-TILANG) BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI PADA PELAYANAN TILANG DI POLRESTABES SEMARANG / 38/ADM.PUBLIK/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.
Text
COVER.pdf - Published Version Download (534kB) |
|
Text
BAB I.pdf - Published Version Download (660kB) |
|
Text
BAB II.pdf - Published Version Download (321kB) |
|
Text
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (450kB) |
|
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (547kB) |
|
Text
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (192kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (302kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Pelaksanaan penerapan E-tilang oleh POLRESTABES Semarang merupakan salah satu upaya dalam menekan angka pelanggaran pengendara.Namun berdasarkan fakta dilapangan, jumlah pelanggaran lalu lintas masih cukup tinggi.Adapun penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan penerapan tilang elektronik(e-tilang) di Polrestabes Semarang berdasarkan prosedur E-tilang dan faktor penghambatnya dengan menggunakan teori teknologi informasi.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik wawancara, dan teknik observasi. Teknik wawancara dilakukan dengan Kepala Pusat Informasi Lalu Lintas dan Bagian Kepengurusan Tilang, kemudian Dinas Perhubungan Kota Semarang dan 4 pengendara yang pernah menjalani E-tilang. Datayang didapat selanjutnya, dianalisis menggunakan metode analisis data kualitatif milik Huberman dan diuji kualitas datanya menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan belum maksimal karena masih adanya penerapan tilang manual pada tahap penindakan, gangguan jaringan pada tahap memasukan data dan pembayaran, adanya prosedur yang dilewati, dan proses yang membingungkan bagi pengendara yang sudah berumur pada tahap tindak lanjut. Kemudian faktor yang menghambat pelaksanaan inovasi ini adalah: perangkat keras yang digunakan rentan terganggu cuaca, software yang sering eror. Saran yang diberikan penulis adalah penghapusan sistem tilang manual, sosialisasi intensif terkait E-tilang, peningkatan system dan evaluasi.
Kata Kunci: Pelayanan Publik, E-Tilang, Teknologi informasi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration |
Depositing User: | diana nirwani |
Date Deposited: | 22 Dec 2022 03:06 |
Last Modified: | 22 Dec 2022 04:08 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10388 |
Actions (login required)
View Item |