Search for collections on Undip Repository

ANALISIS PENERAPAN TILANG ELEKTRONIK (E-TILANG) BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI PADA PELAYANAN TILANG DI POLRESTABES SEMARANG / 38/ADM.PUBLIK/2020

Kusumawardhani, Adinda and Astuti, Retno Sunu (2020) ANALISIS PENERAPAN TILANG ELEKTRONIK (E-TILANG) BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI PADA PELAYANAN TILANG DI POLRESTABES SEMARANG / 38/ADM.PUBLIK/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
COVER.pdf - Published Version

Download (534kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (660kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (321kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (450kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (547kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (302kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pelaksanaan penerapan E-tilang oleh POLRESTABES Semarang merupakan salah satu upaya dalam menekan angka pelanggaran pengendara.Namun berdasarkan fakta dilapangan, jumlah pelanggaran lalu lintas masih cukup tinggi.Adapun penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan penerapan tilang elektronik(e-tilang) di Polrestabes Semarang berdasarkan prosedur E-tilang dan faktor penghambatnya dengan menggunakan teori teknologi informasi.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik wawancara, dan teknik observasi. Teknik wawancara dilakukan dengan Kepala Pusat Informasi Lalu Lintas dan Bagian Kepengurusan Tilang, kemudian Dinas Perhubungan Kota Semarang dan 4 pengendara yang pernah menjalani E-tilang. Datayang didapat selanjutnya, dianalisis menggunakan metode analisis data kualitatif milik Huberman dan diuji kualitas datanya menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan belum maksimal karena masih adanya penerapan tilang manual pada tahap penindakan, gangguan jaringan pada tahap memasukan data dan pembayaran, adanya prosedur yang dilewati, dan proses yang membingungkan bagi pengendara yang sudah berumur pada tahap tindak lanjut. Kemudian faktor yang menghambat pelaksanaan inovasi ini adalah: perangkat keras yang digunakan rentan terganggu cuaca, software yang sering eror. Saran yang diberikan penulis adalah penghapusan sistem tilang manual, sosialisasi intensif terkait E-tilang, peningkatan system dan evaluasi.
Kata Kunci: Pelayanan Publik, E-Tilang, Teknologi informasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 22 Dec 2022 03:06
Last Modified: 22 Dec 2022 04:08
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10388

Actions (login required)

View Item View Item