Search for collections on Undip Repository

ANALISIS PENGEMBANGAN PRODUK WISATA DALAM KUNJUNGAN WISATAWAN DI DESA WISATA KANDRI, GUNUNGPATI, SEMARANG /22/ADM.PUBLIK/2020

Yulianti, Melly and Rahman, Amni Zarkasyi (2020) ANALISIS PENGEMBANGAN PRODUK WISATA DALAM KUNJUNGAN WISATAWAN DI DESA WISATA KANDRI, GUNUNGPATI, SEMARANG /22/ADM.PUBLIK/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
COVER.pdf - Published Version

Download (618kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Published Version

Download (369kB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Published Version

Download (465kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (505kB)
[img] Text
BAB 5.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (109kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Manajemen pariwisata merupakan suatu bentuk pengelolaan kepariwisataan, yang di dalamnya melibatkan fungsi-fungsi manajerial untuk dapat mencapai sasaran yang telah di tetapkan. Manajemen pariwisata yang di terapkan di Desa Wisata Kandri menjadi bagian terpenting untuk dapat mengatur dan mewujudkan pelayanan kepariwisataan yang bermanfaat bagi masyarakat atau wisatawan, baik fisik atau nonfisik. Hal tersebut kemudian akan mendorong terciptanya sistem kepariwisataan yang diperhatikan melalui produk wisata yang berdampak pada peningkatan citra dan kualitas destinasi wisata di mata wisatawan. Desa Wisata Kandri yang menjadi anak pertama Desa Wisata yang ada di Kota Semarang meskipun terdapat produk wisata yang belum dapat dikatakan sempurna, akan tetapi dapat mendatangkan banyak wisatawan, sehingga peneliti tertarik untuk melakukan penelitian ini. Peneitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan produk wisata dalam kunjungan wisatawan di Desa Wisata Kandri. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan pengumpulan datanya dilakukan melalui wawancara, pengamatan, dan dokumentasi. Subjek penelitian menggunakan teknik snowball sampling dan untuk uji validitas data menggunakan triangulasi sumber.
Komponen produk wisata antara lain 1) atraksi : keunikan alam dan kebudayaan ; 2) aksesibilitas : kondisi jalan, transportasi, informasi wisata ; 3) amenitas : akomodasi (homestay), toko cindermata , toilet bersih ; 4) organisasi kepariwisataan : masyarakat (Pokdarwis Pandanaran), instansi kepariwisataan terkait, sector usaha. Hasil penelitian berdasarkan empat indikator tersebut menunjukkan bahwa seluruh komponen produk wisata berhubungan dengan peningkatan jumlah kunjungan wisatawan di Desa Wisata Kandri. Keempatnya menunjang penuh kualitas Desa Wisata Kandri, dilihat dari tingkat kenyamanan wisatawan yang memunculkan persepsinya terhadap Desa Wisata Kandri. Kondisi komponen produk wisata masih ditemukan keterbatasan, maka secara keseluruhan kehadirannya belum dapat dimanfaatkan secara optimal. Adapun saran yang diberikan adalah melakukan peningkatan pemeliharaan, perawatan, dan kebersihan situs alami tanpa merubah kondisi aslinya, menambah jumlah transportasi lokal seperti bendi wisata atau bus wisata, membangun shopping center, menerapkan toilet berbayar yang dimasukkan ke dalam harga paket wisata, dan meningkatkan promosi wisata.
Kata Kunci : Manejemen Pariwisata, Produk Wisata, Kunjungan Wisatawan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 16 Dec 2022 05:00
Last Modified: 16 Dec 2022 05:00
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10177

Actions (login required)

View Item View Item