Search for collections on Undip Repository

IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMERINTAH DAERAH KOTA PEKALONGAN DALAM PENYELENGGARAAN PELAYANAN PEMAKAMAN DI TPU BEJI KOTA PEKALONGAN /12/ ADM.PUBLIK/2020

Apriani, Eka Mega and Lituhayu, Dyah (2020) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMERINTAH DAERAH KOTA PEKALONGAN DALAM PENYELENGGARAAN PELAYANAN PEMAKAMAN DI TPU BEJI KOTA PEKALONGAN /12/ ADM.PUBLIK/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
HALAMAN COVER DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (689kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (619kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (411kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (368kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf - Published Version

Download (105kB)

Abstract

Munculnya Perda Kota Pekalongan No. 2 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Pelayanan Pemakaman, diharapkan mampu menjawab kebutuhan warga Pekalongan khususnya dalam bidang Pemakaman. Namun faktanya, masih ditemukan adanya permasalahan seperti yang terjadi areal TPU Beji, Areal makam justru beralih fungsi menjadi lahan Pemukiman warga, tidak tersediannya fasilitas pendukung maupun fasilitas wajib pemakaman, kondisi makam yang tergenang rob dan kumuh menambah daftar panjang permasalahan penyelenggaraan pelayanan pemakaman. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keberhasilan Implementasi Kebijakan akan dinilai menggunakan model Implementasi Daniel A. Mazmanian dan Paul Sabatier. Hasil penelitian menggunakan model implementasi tersebut menunjukkan bahwa implementasi kebijakan penyelenggaraan pelayanan pemakaman belum berhasil karena masih terdapat berbagai kendala dalam pelaksanaannya. Faktor pendorong implementasi kebijakan ini adalah adanya aturan pendukung dari kebijakan penyelenggaraan pelayanan pemakaman. Faktor penghambat implementasi kebijakan adalah belum adanya ketegasan dari Dinas terkait dalam menindak perubahan peruntukkan lahan, dan kurang optimal nya sosialisasi dari pemerintah kepada masyarakat mengenai Perda No. 2 Tahun 2012. Adapun saran yang diberikan adalah Perlu adanya ketegasan dalam menindak pemukim liar dikawasan pemakaman TPU Beji termasuk segera dijalankan proses penggusuran, kemudian Relokasi warga ke tempat yang lebih baik dan terakhir Pemerintah seharusnya melakukan sosialisasi mendalam pada masyarakat terkait penggunahan lahan kawasan pemakaman dan disertai dengan konsistensi tindakan dari pihak implementor.

Kata Kunci : Implementasi Kebijakan, Kebijakan Pemakaman, Pelayanan Pemakaman

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 16 Dec 2022 02:33
Last Modified: 16 Dec 2022 02:34
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10164

Actions (login required)

View Item View Item