Ardianti, Olivia Tyas and Abdulrahman, Wahid (2020) Analisis Inovasi Pelayanan Pajak Daerah melalui Aplikasi EPPSON (Elektronik pembayaran Pajak Daerah Aplikasi Solo Destination) di Kota Surakarta /85/PEM/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.
Full text not available from this repository.Abstract
Untuk meningkatkan kualitas pelayanan public. Inovasi pelayanan merupakan kunci keberhasilan implementasi e-government. Inovasi yang sedang berkembang di Indonesia yaitu penerapan smartcity. Surakarta menjadi salah satu kota yang menerapkan konsep inovasi tersebut, salah satunya dalam bidang pelayanan pajak daerah, Kota urakarta berinovasi dengan meluncurkan fitur EPPSON (Elektronik pembayaran Pajak Daerah Aplikasi Solo Destination) untuk memudahkan masyarakat Kota Surakarta mendapata pelayanan pajak daerah.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi. Data diperoleh dari Pemeritah Kota Surakarta khususnya BPPKAD dan juga pengguna aplikasi EPPSON, kemudian data yang diperoleh dianalisis menggunakan teori dan sumber data untuk menjawab rumusan masalah yang telah diuraikan
Dari hasil analisis penelitian ditemukan bahwa pelaksanaan inovasi pelayanan pajak daerah melalui aplikasi EPPSON di Kota Surakarta ini berhasil meningkatkan penerimaan pajak daerah dan serta meningkatkan kepatuhan wajib pajak untuk membayarkan kewajibannya. Ditemukan pula dalam penelitian bahwa wajib pajak merasa terbantu dengan adanya inovasi pelayanan pajak daerah melalui aplikasi EPPSON ini, seperti kemudahan pelayanan yang diberikan, hanya melalui smartphone dapat dilakukan pelayanan kapanpun dan dimanapun. Namun sayangnya inovasi pelayanan pajak daerah ini dalam pengelolaannya masih kekurangan SDM yang berkualitas atau yang memang paham mengenai IT ini, sehingga pemerintah daerah harus terus meningkatkan kualitas SDM untuk mengembangkan inovasi pelayanan pajak daerah agar menjadi lebih baik lagi.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa inovasi pelayanan pajak daerah ini termasuk berhasil dalam meningkatkan kualitas pelayanan, dengan memudahkan wajib pajak untuk dapat membayarkan kewajibannya sebagai seorang wajib pajak, dengan begitu inovasi pelayanan pajak daerah ini diterima oleh masyarakat Kota Surakarta dan diakui bahwa inovasi pelayanan pajak daerah ini memudahkan penggunanya untuk membayar pajak dimanapun dan kapanpun. Sehingga pemeritah harus meningkatkan kualitas serta kuantitas SDM untuk dapat mengembangkan inovasi pelayana pajak agar lebih baik lagi.
Kata Kunci : E-Government, Inovasi Pelayanan, Aplikasi EPPSON
Analysis of Regional Tax Service Innovation through EPPSON Application (Electronic payment of Solo Destination Application Local Tax) in Surakarta City
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science |
Depositing User: | Users 162 not found. |
Date Deposited: | 14 Dec 2022 07:46 |
Last Modified: | 14 Dec 2022 07:46 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10101 |
Actions (login required)
View Item |