Search for collections on Undip Repository

LAYANAN KEGAWATDARURATAN U-GARUDA 112 SEBAGAI INOVASI PELAYANAN PUBLIK DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN KUDUS TAHUN 2019 /47/PEM/2020

Muryatami, Fernandya Khoirina and Erowati, Dewi (2020) LAYANAN KEGAWATDARURATAN U-GARUDA 112 SEBAGAI INOVASI PELAYANAN PUBLIK DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN KUDUS TAHUN 2019 /47/PEM/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
Cover.pdf - Published Version

Download (464kB)
[img] Text
Bab 1.pdf - Published Version

Download (238kB)
[img] Text
Bab 2.pdf - Published Version

Download (837kB)
[img] Text
Bab 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (921kB)
[img] Text
Bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (27kB)
[img] Text
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (626kB)

Abstract

Kabupaten Kudus memiliki upaya pelayanan publik yang terus dikembangkan untuk memberikan kemudahan akses bagimasyarakat. Salah satu konsep manajemen pemerintahan yang berkaitan dengan kebijakan dan pembangunan serta diikuti oleh pesatnya perkembangan teknologi adalah dilaksanakannyalayanan dalam bidang kedaruratan yaitu Layanan Nomor Tunggal Darurat 112. Layanan ini merupakan integrasi antara pemerintah pusat melalui Kemenkominfo dengan kabupaten/kota di Indonesia. Kabupaten Kudus membangun layanan ini dengan nama Unit Garuda 112.Tugas dari layanan ini adalah menerima telefon dari masyarakat mengenai laporan keadaan darurat selama 24 jam, maka penelitian yang dilakukan oleh peneliti berkaitan dengan implementasi pelaksanaan inovasi layanan Unit Garuda 112.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Adapun subjek dalam penelitian ini yakni: Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kudus, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Petugas Unit Garuda 112 dan masyarakat. Fokus dalam penelitian ini yang digunakan adalah menurut teori De Vreye yaitu tujuh dimensi dan indikator kualitas pelayanan publik: 1) Self Esteem, 2) Exceed expectation, 3) Recovery, 4) Vision, 5) Improve, 6) Care, 7) Empower.
Hasil penelitian yang diperoleh yaitusosialisasi yang dilakukan masih minim sehingga masih terjadi bentuk salah pengaduan serta banyak panggilan coba-coba yang dilakukan masyarakat, jaringan/aplikasi sering tidak stabil, karakteristik atau watak yang dimiliki operator dan petugas Unit Garuda 112 sudah baik dalam melayani masyarakat namun laporan yang masuk tidak semuanya laporan kedaruratan.
Kata Kunci: Dimensi Kualitas Layanan Kedaruratan, Unit Garuda 112

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 12 Dec 2022 06:32
Last Modified: 12 Dec 2022 06:32
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10034

Actions (login required)

View Item View Item