Search for collections on Undip Repository

KAJIAN YURIDIS TERHADAP PEMBERIAN GARANSI PADA PEMBELIAN PRODUK MELALUI SALES MARKETING NASMOCO PEMUDA (Studi mengenai perlindungan hukum bagi konsumen di Kota Semarang)_012 DG 2018

Ratnasari, Anindya Windy and Saptono, Hendro and Mahmudah, Siti (2018) KAJIAN YURIDIS TERHADAP PEMBERIAN GARANSI PADA PEMBELIAN PRODUK MELALUI SALES MARKETING NASMOCO PEMUDA (Studi mengenai perlindungan hukum bagi konsumen di Kota Semarang)_012 DG 2018. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
Abstrak_Anindya Widya.pdf

Download (138kB)
[img] Text
Suplemen_Anindya Widya.pdf

Download (262kB)
[img] Text
Bab1_Anindya Widya.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB)
[img] Text
Bab2_Anindya Widya.pdf

Download (560kB)
[img] Text
Bab3_Anindya Widya.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] Text
Bab4_Anindya Widya.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (432kB)
[img] Text
Bab5_Anindya Widya.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] Text
Dapus_Anindya Widya.pdf

Download (205kB)

Abstract

Alat angkut roda dua atau lebih saat ini sangat dibutuhkan manusia guna memperlancar mobilitas dalam kehidupan sehari-hari, sehingga timbul persaingan di dunia otomotif. Kondisi ini menyebabkan pelaku usaha melakukan kegiatan pemasaran dan distribusi produk barang dan/atau jasa kepada konsumen, seperti yang dilakukan oleh PT New Ratna Motor dan PT Nasmoco Group untuk wilayah Jawa Tengah dan DIY.Dalam kegiatan pemasaran terdapat 3 tahapan yaitu pra transaksi, transaksi dan purna jual/purna transaksi.Setelah konsumen melakukan 3 tahapan tersebut, dalam kenyataannya di tahapan purna jual, masih banyak keluhan dari konsumen yang mengalami kerugian akibat mobil Toyota yang dibelinya mengalami kerusakan atau malfungsi produk. Oleh karena itu perlu adanya kesadaran pelaku usaha akan pentingnya perlindungan konsumen.Permasalahan yang dibahas di dalam penelitian ini adalah hubungan hukum para pihak dalam pemberian garansi dan perlindungan hukum bagi konsumen yang mengalami kasus kerusakan/malfungsi/cacat produk dalam pembelian produk melalui sales marketing nasmoco pemuda.Metode pendekatan yang digunakan adalah metode yuridis normatif.Spesifikasi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini bersifat deskriptif analitis.Sumber data yang digunakan dalam penelitian adalah menggunakan data primer dan data sekunder.Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT Toyota Astra Motor sebagai agen tunggal di seluruh
Indonesia, PT New Ratna Motor sebagai distributor utama serta Head Office (HO) dari PT Nasmoco Group dan PT Nasmoco Group sebagai cabang/dealer. PT Nasmoco Group berhubungan langsung dengan konsumen dalam kaitannya pemberian pelayanan garansi, sedangkan PT New Ratna Motor sebagai penghubung antara PT Nasmoco Group dan PT Toyota Astra Motor dalam proses pembayaran tagihan total harga barang yang digunakan dalam pengajuan klaim. Sedangkan Perlindungan hukum bagi konsumen didasarkan padaPasal 1491 KUH Perdata, Pasal 1506 KUH Perdata, Pasal 19 ayat (1) UUPK, Pasal 21 UUPK, dan Pasal 24 UUPK yaitu pelaku usaha memberikan ganti rugi dengan cara memberikan layanan purna jual berupa garansi serta melakukan recall atau menginformasikan unit dengan nomor rangka (VIN Code) tertentu yang terlibat dalam malfungsi/cacat produk untuk melakukan pemeriksaan/penggantian komponen. Meskipun demikian, pemberian ganti rugi bisa jadi tidak menghapuskan kemungkinan adanya tuntutan pidana berdasarkan pembuktian lebih lanjut mengenai adanya unsur kesalahan sesuai Pasal 22 UUPK.
Kata Kunci : Malfungsi, Perlindungan Konsumen, Layanan Purna Jual, Garansi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: fahimah FH
Date Deposited: 01 Dec 2022 02:03
Last Modified: 01 Dec 2022 02:13
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/9890

Actions (login required)

View Item View Item